Kompas.com - 10/07/2017, 21:45 WIB
Piramida Bulan Wikimedia CommonsPiramida Bulan
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Sekelompok tim arkeolog dari National Institute of Anthropology and History, Meksiko, baru saja menemukan terowongan rahasia di bawah Pyramid of the Moon (Piramida Bulan) yang terletak di kota kuno Teotihuacán, sebelah utara kota Meksiko.

Berada 10 meter di bawah tanah, terowongan tersebut panjang dan menjulur dari lapangan tengah Teotihuacán yang bernama Plaza de la Luna ke piramida tersebut, mirip dengan terowongan yang ditemukan sebelumnya di bawah Kuil Ular yang Berbulu.

(Baca juga: Menara Tengkorak Aztek Kejutkan Arkeolog, Ini Sebabnya)

Sayangnya, para peneliti masih belum bisa memasuki terowongan tersebut untuk mempelajarinya lebih lanjut. Sebab, terowongan tersebut ditemukan menggunakan metode electrical resistivity tomography (ERT) yang memindai kondisi bawah tanah ketika para peneliti sedang mempelajari Plaza de la Luna.

Berdasarkan sisa-sisa manusia di lokasi tersebut, Piramida Bulan kemungkinan besar digunakan untuk ritual pengorbanan manusia. Namun, para arkeolog dari proyek ini tidak mengetahui dengan pasti bila terowongan tersebut juga digunakan untuk fungsi yang sama.

Mereka menduga bahwa terowongan di bawah Piramida Bulan ini mencerminkan monumen Teotihuacan dan menggambarkan neraka dalam kepercayaan peradaban berusia 2000 tahun ini, sebuah peradaban yang bahkan lebih tua daripada Aztec.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.