Kompas.com - 31/10/2017, 21:45 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Selama ini, dorongan untuk segera punya anak sebelum terlambat sering kali dialamatkan kepada wanita. Namun, nyatanya hal yang sama juga patut diungkapkan kepada pria.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility berhasil membuktikan bahwa umur memiliki hubungan yang erat dengan kualitas sperma. Semakin usia bertambah, maka kualitas kesuburan sperma juga akan semakin menurun.

Dalam penelitian yang dilakukan kepada 527 pasangan di Boston, AS, dengan berbagai macam rentang usia, para peneliti menemukan bahwa pertumbuhan embrio yang dibuat dengan sperma pria berusia 50-an ternyata 35 persen lebih lambat dibandingkan embrio yang dibuahi oleh sperma pria yang berusia 20-an dan 30-an.

BACA: Perhatian untuk Ibu Hamil, Gigi Berlubang Bisa Picu Kelahiran Prematur

Sementara itu, penelitian terpisah yang diadakan di New York oleh Weill Cornell Medicine juga menunjukkan hasil serupa.

Tim peneliti mendapat fakta bahwa saat pria menua, sperma yang dimiliki jadi rentan mengalami kesalahan genetik seperti jumlah kromosom yang abnormal (aneuploidy). Akibatnya, kemungkinan sperma untuk menghasilkan embrio yang sehat menurun.

Selain itu, tingkat keberhasilan untuk membuahi juga berbeda berdasarkan usia. Jika tingkat keberhasilan pembuahan pada kelompok yang paling muda (25-30 tahun) 87,7 persen, tingkat keberhasilan pembuahan pada kelompok yang paling tua (55 tahun ke atas) hanya 46 persen saja.

BACA: Magnet Bisa Jadi Mainan Berbahaya untuk Anak, Kasus Ini Buktinya

Menanggapi hal ini, para tenaga medis pun kembali mengingatkan bahwa jika kesuburan perempuan berkurang seiring bertambahnya usia, hal yang sama juga terjadi pada laki-laki.

"Penelitian ini memperjelas bahwa laki-laki dan perempuan mungkin akan sulit memiliki anak di usia lanjut," kata Peter Schlegel, wakil presiden American Society for Reproductive Medicine, seperti dikutip dari laman Telegraph, Selasa (31/10/2017).

Schlegel menjelaskan, pasangan yang sudah berumur jika hamil akan memiliki dampak bagi bayi yang dikandung. Salah satunya timbul potensi masalah pada perkembangan saraf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.