Kompas.com - 07/09/2017, 11:36 WIB
Karies Gigi www.zubnaya-apteka.ruKaries Gigi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring bertambahya usia, risiko gigi berlubang semakin besar. Terlebih, tak semua orang dewasa membersihkan giginya secara teratur dengan sikat gigi malam hari.

Lubang gigi tak bisa disepelekan, terutama bagi ibu hamil. Mereka punya risiko yang patut diperhitungkan. Tak hanya sakit dirasakan pada calon ibu, lubang gigi bisa berujung pada kelahiran bayi prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR).

Prof. drg. Anton Rahardjo, Ph.D mengatakan, gigi berlubang akan memicu infeksi dan peradangan pada gigi. Pada tahap kronis, kondisi itu akan memengaruhi peningkatan sekresi hormon prostaglandin.

“Prostaglandin itu salah satu hormon yang mempercepat kelahiran. Produksinya prostaglandin naik meningkat, nah itu yang memicu terjadinya kelahiran prematur,” kata Anton kepada Kompas.com, Rabu (7/9/2017). 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Lubang Gigi, Akibatnya Lebih Besar dari Dugaan

Guru besar Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia itu mengatakan, selain prostaglandin, teori lain menyebutkan kelahiran prematur diakibatkan oleh bakterimia, kondisi di mana bakteri masuk dalam aliran darah.

Beberapa penelitian, kata dia, menemukan adanya bakteri pada plasenta. “Jadi plasentanya terjadi infeksi, nah itu terjadi prematur,” ucap Anton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, Anton menyarankan kebersihan mulut perlu terus dijaga. Setelah muntah misalnya, keasaman mulut harus dikendalikan menjadi netral untuk mencegah terjadinya atrisi dan karies gigi.

Caranya pun sederhana. Tinggal buat larutan dari satu peres sendok teh baking soda dan satu peres garam dapur. Berkumurlah dengan larutan itu.

Baca Juga: Ancaman Tersembunyi dari Pemberian Susu dengan Dot pada Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.