Wanita Punya Lebih Sedikit Anak jika Tinggal Bersama Ibu atau Mertua

Kompas.com - 26/10/2017, 13:05 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Penelitian terbaru, rata-rata perempuan yang hanya tinggal dengan pasangannya akan memiliki lebih banyak anak dibanding mereka yang tinggal satu atap dengan orang tua.

Temuan ini membantah teori yang selama ini muncul, yakni berbagi rumah dengan ibu atau ibu mertua akan mendorong perempuan memiliki anak lebih banyak.

Temuan baru yang telah dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science, mengungkap hal sebaliknya dari mitos yang selama ini berkembang di masyarakat itu.

Ilmuwan Austria membuat kesimpulan setelah menilai statistik lebih dari 2,5 juta perempuan di seluruh dunia.

Baca Juga: Perhatian untuk Ibu Hamil, Gigi Berlubang Bisa Picu Kelahiran Prematur

"Data kami menunjukkan, kesuburan perempuan menjadi rendah jika ada ibu dalam kehidupan rumah tangga. Ini menarik, sebab kedua ibu di dalam rumah memiliki ketertarikan biologis yang sama, ibu berharap memiliki banyak cucu," tulis peneliti dalam penelitiannya, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (25/10/2017).

Mengapa bisa demikian?

Para ahli mengungkapkan adanya kompetisi reproduksi di balik alasan wanita memilih untuk tidak memiliki anak saat tinggal dengan ibu atau mertuanya.

Tim peneliti dari Universitas Wina mencatat bagaimana para nenek cenderung terlihat lebih muda jika mereka tinggal bersama anak perempuan atau menantu perempuan mereka.

Peneliti menyarankan nenek yang masih muda untuk mengasuh anak sendiri dibandingkan membesarkan cucu mereka.

Sebabnya, perempuan merasa tidak mendapat cukup dukungan untuk memiliki bayi saat tinggal bersama ibunya.

Bagaimana penelitian dilakukan?

Para ilmuwan menggunakan data sensus 2.478.383 perempuan menikah berusia 15 sampai 34 tahun di 14 negara. Termasuk Amerika Serikat, Irak, dan Argentina.