Kompas.com - 27/10/2017, 19:07 WIB
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Sebuah foto serangga yang berbentuk aneh baru-baru ini menjadi viral di facebook.

Foto dan video tersebut pertama kali dibagikan melalui akun Facebook Gandik dari Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis (19/10/2017) .

Serangga itu memiliki semacam ekor tentakel berbentuk "X" yang berwarna abu-abu dan berbulu.

Bentuknya yang aneh membuat banyak orang yang melihatnya merinding. Bahkan banyak yang bertanya-tanya apakah serangga itu nyata atau hanya rekayasa si pengunggah.

Baca juga: 75 Persen Serangga di Jerman Turun, Ini Pelajarannya untuk Kita

Namun, serangga tersebut memang nyata. Ia termasuk dalam keluarga ngengat dan bernama Creatonotos gangis. Biasanya, ngengat ini tinggal di beberapa bagian Asia Tenggara dan Australia.

Nah, bagian yang seperti ekor tentakel tersebut sebenarnya adalah coremata, organ di ujung perut ngengat jantan yang bisa dimasukkan ke dalam.

"Ketika mereka dikembangkan, seperti pada video tersebut, organ berbulu ini mengeluarkan feromon untuk merayu ngengat betina," kata Coffs Harbour Butterfly House seperti dikutip dari Livescience, Rabu (25/10/2017).

Namun, di balik penampilannya yang unik, spesies ini adalah masalah bagi para petani. Ketika masih berupa ulat, C gangis terkenal sebagai pemakan tanaman kedelai, beras, dan jagung yang rakus.

Baca juga: Tidak Kalah dari Manusia, Inilah Tradisi Pemakaman di Dunia Serangga

Anda dapat mengenali ulat C gangis dari warnanya yang coklat, tubuhnya yang berbulu, dan garis kuning pada punggungnya. Ketika ulat ini bermetamorfosis, mereka mengembangkan sayap depan berwarna coklat dan sayap belakang berwarna putih.

"Sedangkan perutnya biasanya berwana merah, atau kadang juga berwarna kuning dalam beberapa kasus," kata rumah kupu-kupu tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.