Jangan Usir Mereka, 3 Jenis Serangga Ini Berharga bagi Rumah Anda - Kompas.com

Jangan Usir Mereka, 3 Jenis Serangga Ini Berharga bagi Rumah Anda

Shierine Wangsa Wibawa
Kompas.com - 08/08/2017, 07:03 WIB
Lalat sering dianggap mengganggu padahal merupakan bagian penting dari ekosistem.Flickr/Vinoth Chandar Lalat sering dianggap mengganggu padahal merupakan bagian penting dari ekosistem.

KOMPAS.com -- Rumah yang memiliki laba-laba dan serangga terdengar seperti mimpi buruk. Namun, sejumlah serangga pilihan justru mendatangkan keuntungan di sekitar rumah kita. Apa saja?

Sarah Bonney, kandidat PhD di Universitas Charles Darwin dan penyelenggara Festival Serangga di ibukota Northern Territory Australia itu, mengatakan memang kebanyakan orang menganggap serangga dan invertebrata sebagai hal buruk.

 

"Padahal serangga memainkan peran yang sangat besar di dunia," katanya kepada ABC News.

"Tanpa serangga kita tidak akan memiliki banyak makanan. Mereka menjaga agar tanah kita tetap subur, dan pada dasarnya membuat dunia kita tetap berputar," ujarnya.

(Baca juga: Serangga Terbesar Ditemukan, Sayapnya Sanggup Menutup Wajah Manusia)

Selain berperan dalam hal lingkungan, kumbang, serangga dan invertebrata lainnya juga bisa membantu kita.

Menurut Bonney dan peneliti Macquarie University Dr Lizzy Lowe, langkah pertama adalah menjauhkan pestisida dan memahami serangga mana yang bisa membantu kita.

Laba-laba

Mengingat beragamnya spesies serangga yang bisa hidup baik di dalam maupun di luar rumah kita, laba-laba bisa menjadi cara efektif untuk mengendalikan populasi serangga.

Dan jika kita bisa hidup dengan kesadaran bahwa kita berbagi ruang dengan laba-laba, mereka bisa menjadi teman serumah yang sangat baik.

Dr Lowe selama ini mempelajari laba-laba dan peran mereka di lingkungan perkotaan.

"Pada dasarnya hanya ada dua laba-laba (di Australia) yang tidak kita inginkan - laba-laba dengan strip merah serta laba-laba yang disebut funnel web," katanya.

(Baca juga: Laba-laba “Harry Potter” Ditemukan, Begini Wujudnya)

"Kedua jenis itu mungkin lebih baik dikendalikan, namun semua laba-laba lainnya justru membawa keuntungan di rumah kita," jelasnya.

"Mereka memakan hama, mengendalikan jumlah laba-laba lainnya, dan semakin banyak jenis laba-laba yang kita miliki, maka kian seimbang kebun belakang atau ekosistem rumah kita," kata Dr Lowe.

"Akan kian sedikit kecoak, kutu dan makhluk kecil merangkak lainnya dan ini akan menguntungkan keseluruhan rumah kita," tambahnya.

Serangga karnivora

Belalang termasuk serangga paling efisien di antara serangga lainnya.ABC Far North: Mark Rigby Belalang termasuk serangga paling efisien di antara serangga lainnya.

Serangga yang memakan serangga lainnya juga bisa menjadi salah satu makhluk paling menguntungkan di sekitar rumah.

Membuat mereka bertahan di sekitar kita, bisa sama mudahnya membiarkan alam berjalan dengan sendirinya.

"Cobalah untuk tidak terlalu banyak menggunakan pestisida untuk membunuh serangga yang tidak diinginkan," kata Bonney.

"Masalahnya karena pestisida berpengaruh terhadap serangga berguna, sama atau bahkan lebih buruk, dengan serangga tak berguna."

(Baca juga: Serangga "Zombie" Isap Otak dan Penggal Kepala Burung untuk Hidup)

Di kebun, serangga karnivora atau predator mengendalikan spesies hama yang tentu tidak kita inginkan.

"Belalang pemangsa merupakan serangga menarik. Mereka predator hebat dalam menangkap makhluk seperti serangga, lalat, kumbang dan segala hal yang memakan tanaman kita," kata Dr Lowe.

Dia menjelaskan kumbang betina, yang sering dipuja karena kecantikannya, juga merupakan predator yang hebat.

"Kami menyebutnya biokontrol karena menjadi cara mengendalikan hama di kebun kita tanpa menggunakan pestisida, tapi dengan menggunakan serangga lain," jelasnya.

 

Lalat

Memiliki kerumunan lalat yang berdengung di dalam rumah tentu saja jauh dari sehat. Namun jika itu terjadi di kebun dan di sekitar rumah, justru akan berperan penting.

"Lalat dikenal sebagai pembersih kotoran," kata Bonney.

"Mereka menghancurkan banyak kotoran dan detritus yang tertinggal di ekosistem, dan semua nutrisi tersebut dilepaskan kembali ke lingkungan," jelasnya.

Bagi Dr Lowe, lalat berguna secara berbeda di sekitar rumah.

"Bagi saya, peran terpenting lalat ada pada ekosistem, di rantai makanan," katanya.

(Baca juga: Dengan Bantuan Lalat, Ilmuwan Mencari Pengobatan Autisme)

"Mereka adalah sumber makanan yang sangat penting bagi kebanyakan serangga dan laba-laba," jelas Dr Lowe.

"Jika kita menyingkirkan mereka di ekosistem, kita akan mengalami banyak masalah karena banyak makhluk lain tidak akan akan memiliki makanan," tambahnya.

PenulisShierine Wangsa Wibawa
EditorShierine Wangsa Wibawa
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM