Kompas.com - 20/10/2017, 19:30 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Dalam tiga dekade terakhir, populasi serangga di cagar alam Jerman anjlok lebih dari 75 persen.

Ahli biologi menamai fenomea ini sebagai windshield phenomenon (fenomena kaca depan mobil). Menurut mereka, ini merupakan gejala dari populasi yang lenyap.

"Seperti yang kita tahu, saya pikir kita semua terganggu dan kita semua melihat lebih sedikit serangga," kata Scott Black, direktur eksekutif dari Oregon, Xerces Society, kelompok lingkungan nirlana yang mempromosikan konservasi serangga, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (20/10/2017).

Padahal, serangga memiliki manfaat yang besar untuk manusia.

"Jika Anda suka makan buah dan sayuran bergizi, Anda harus berterima kasih pada serangga. Jika Anda menyukai salmon, Anda bisa mengucapkan terima kasih pada lalat yang dimakan salmon muda," kata Black.

BACA: Jangan Usir Mereka, 3 Jenis Serangga Ini Berharga bagi Rumah Anda

Fenomena ini bukan hanya isapan jempol belaka. Beberapa peneliti terdorong untuk melakukan riset untuk memperlihatkan berkurangnya serangga.

"Fenomena kaca depan mungkin salah satu cara ilustratif terbaik untuk menyadari bahwa kita berhadapan dengan pengurangan serangga terbang," kata Casper Hallmann, ahli ekologi dari Universitas Radboud, Belanda.

Hallmann merupakan bagian dari tim yang ikut meningkatkan populasi serangga selama 27 tahun di cagar alam Jerman, mulai dari tawon parasit sampai hoverflies dan lebah liar di lusinan cagar alam.

Dia juga menjadi salah satu penulis dalam jurnal More than 75 percent decline over 27 years in total flyinginsect biomass in protected areas yang diterbitkan secara online Rabu (18/10/2017) di PLOS One.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.