Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Foto Serangga Aneh di Facebook, Apakah Itu?

KOMPAS.com - Sebuah foto serangga yang berbentuk aneh baru-baru ini menjadi viral di facebook.

Foto dan video tersebut pertama kali dibagikan melalui akun Facebook Gandik dari Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis (19/10/2017) .

Bentuknya yang aneh membuat banyak orang yang melihatnya merinding. Bahkan banyak yang bertanya-tanya apakah serangga itu nyata atau hanya rekayasa si pengunggah.

Namun, serangga tersebut memang nyata. Ia termasuk dalam keluarga ngengat dan bernama Creatonotos gangis. Biasanya, ngengat ini tinggal di beberapa bagian Asia Tenggara dan Australia.

Nah, bagian yang seperti ekor tentakel tersebut sebenarnya adalah coremata, organ di ujung perut ngengat jantan yang bisa dimasukkan ke dalam.

"Ketika mereka dikembangkan, seperti pada video tersebut, organ berbulu ini mengeluarkan feromon untuk merayu ngengat betina," kata Coffs Harbour Butterfly House seperti dikutip dari Livescience, Rabu (25/10/2017).

Namun, di balik penampilannya yang unik, spesies ini adalah masalah bagi para petani. Ketika masih berupa ulat, C gangis terkenal sebagai pemakan tanaman kedelai, beras, dan jagung yang rakus.

Anda dapat mengenali ulat C gangis dari warnanya yang coklat, tubuhnya yang berbulu, dan garis kuning pada punggungnya. Ketika ulat ini bermetamorfosis, mereka mengembangkan sayap depan berwarna coklat dan sayap belakang berwarna putih.

"Sedangkan perutnya biasanya berwana merah, atau kadang juga berwarna kuning dalam beberapa kasus," kata rumah kupu-kupu tersebut.

https://sains.kompas.com/read/2017/10/27/190700523/viral-foto-serangga-aneh-di-facebook-apakah-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke