Kompas.com - 26/10/2017, 08:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang sangat tidak enak. Perasaan yang campur aduk bisa membuat kita depresi, susah makan, dan susah tidur.

Namun, ternyata patah hati juga mempengaruhi keadaan fisik dan bahkan mengancam nyawa.

Kejadian ini sudah terjadi pada beberapa orang dalam beberapa tahun terakhir, bahkan pada aktris dan penyanyi senior Amerika Serikat, Debbie Reynolds (84).

Dia meninggal pada 28 Desember 2016, hanya berselang satu hari setelah putrinya, yang juga seorang aktris Amerika, Carrie Fisher (pemeran Princess Leia di film Star Wars) (60) mendadak meninggal karena serangan jantung.

BACA: Dampak Patah Hati Yang Merusak

Selain itu, ada kasus lain dari Texas yang dideskripsikan dalam sebuah penelitian di The New England Journal of Medicine.

Dalam laporan yang diterbitkan Kamis (19/10/2017), para peneliti menceritakan mengenai seorang wanita yang kemungkinan memiliki penyakit jantung akibat kehilangan hewan peliharaan yang disayanginya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penulis jurnal itu, Abhishek Maiti dan Abhijeet Dhoble, menuliskan kronologi kesehatan perempuan berusia 61 tahun itu dan menyebut kondisinya sebagai takotsubo cardiomyopathy.

"Takotsubo cardiomyopathy, juga disebut sindrom balon apikal atau kardiomiopati stres, biasanya terjadi pada wanita pasca menopause dan dapat didahului oleh peristiwa stres atau emosional," tulis para peneliti.

Seperti dilansir dari laman Popular Science,  Rabu (25/10/2017), istilahTakotsubo atau Kardiomiopati Takotsubo bisa diterjemahkan dari bahasa Jepang menjadi "jebakan gurita". Nama tersebut merujuk pada bagaimana masalah bisa berkembang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.