Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Usir Mereka, 3 Jenis Serangga Ini Berharga bagi Rumah Anda

Kompas.com - 08/08/2017, 07:03 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Rumah yang memiliki laba-laba dan serangga terdengar seperti mimpi buruk. Namun, sejumlah serangga pilihan justru mendatangkan keuntungan di sekitar rumah kita. Apa saja?

Sarah Bonney, kandidat PhD di Universitas Charles Darwin dan penyelenggara Festival Serangga di ibukota Northern Territory Australia itu, mengatakan memang kebanyakan orang menganggap serangga dan invertebrata sebagai hal buruk.

 

"Padahal serangga memainkan peran yang sangat besar di dunia," katanya kepada ABC News.

"Tanpa serangga kita tidak akan memiliki banyak makanan. Mereka menjaga agar tanah kita tetap subur, dan pada dasarnya membuat dunia kita tetap berputar," ujarnya.

(Baca juga: Serangga Terbesar Ditemukan, Sayapnya Sanggup Menutup Wajah Manusia)

Selain berperan dalam hal lingkungan, kumbang, serangga dan invertebrata lainnya juga bisa membantu kita.

Menurut Bonney dan peneliti Macquarie University Dr Lizzy Lowe, langkah pertama adalah menjauhkan pestisida dan memahami serangga mana yang bisa membantu kita.

Laba-laba

Mengingat beragamnya spesies serangga yang bisa hidup baik di dalam maupun di luar rumah kita, laba-laba bisa menjadi cara efektif untuk mengendalikan populasi serangga.

Dan jika kita bisa hidup dengan kesadaran bahwa kita berbagi ruang dengan laba-laba, mereka bisa menjadi teman serumah yang sangat baik.

Dr Lowe selama ini mempelajari laba-laba dan peran mereka di lingkungan perkotaan.

"Pada dasarnya hanya ada dua laba-laba (di Australia) yang tidak kita inginkan - laba-laba dengan strip merah serta laba-laba yang disebut funnel web," katanya.

(Baca juga: Laba-laba “Harry Potter” Ditemukan, Begini Wujudnya)

"Kedua jenis itu mungkin lebih baik dikendalikan, namun semua laba-laba lainnya justru membawa keuntungan di rumah kita," jelasnya.

"Mereka memakan hama, mengendalikan jumlah laba-laba lainnya, dan semakin banyak jenis laba-laba yang kita miliki, maka kian seimbang kebun belakang atau ekosistem rumah kita," kata Dr Lowe.

"Akan kian sedikit kecoak, kutu dan makhluk kecil merangkak lainnya dan ini akan menguntungkan keseluruhan rumah kita," tambahnya.

Serangga karnivora

Belalang termasuk serangga paling efisien di antara serangga lainnya.ABC Far North: Mark Rigby Belalang termasuk serangga paling efisien di antara serangga lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com