Sperma Aktifkan Sebagian Besar Gen untuk Perbaiki DNA, Ahli Jelaskan

Kompas.com - 27/01/2020, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan, menunjukkan ternyata sperma manusia dapat mengaktifkan sebagian besar gen pada keturunannya.

Sistem pemindaian dalam sperma dinilai mampu mengendalikan laju evolusi manusia, hal itu diungkapkan para peneliti di NYU Grossman School of Medicine seperti dilansir dari Science Daily, Senin (27/1/2020).

Fokus dari penelitian ini adalah misteri biologi pada sel sperma yang sejauh ini diketahui 90 persen mengaktifkan gen terbesar.

Sebuah pola yang juga terlihat pada spesies tikus, burung dan lalat buah. Sel-sel di sebagian organ mengekspresikan sekitar 60 persen dari kode genetik mereka.

Baca juga: Ramai Tagar #SexEducation, Apa Sih Bedanya Sperma dan Sel Darah Putih?

Penulis senior Itai Yanai, direktur Institute for Computational Medicine at NYU Langone Health mengatakan sekarang semakin jelas, bahwa sperma ternyata mampu mengaktifkan lebih banyak gen saat mereka berkembang.

"Sebab, hal itu dilakukan melalui proses perbaikan DNA dan melindungi integritas pesan yang akan diwariskan," sambung Yanai.

Yanai juga memaparkan adanya perbaikan pada sperma kurang aktif dalam gen yang diaktifkan, namun hal itu lebih jarang.

Berdasarkan hal itu, profesor di Departemen Biokimia dan Farmakologi Molekuler di NYU Grossman School of Medicine ini mengatakan studi tersebut mendukung teori evolusi menggunakan frekuensi transkripsi sebagai pengungkit.