Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sperma Aktifkan Sebagian Besar Gen untuk Perbaiki DNA, Ahli Jelaskan

Kompas.com - 27/01/2020, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Dalam sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan, menunjukkan ternyata sperma manusia dapat mengaktifkan sebagian besar gen pada keturunannya.

Sistem pemindaian dalam sperma dinilai mampu mengendalikan laju evolusi manusia, hal itu diungkapkan para peneliti di NYU Grossman School of Medicine seperti dilansir dari Science Daily, Senin (27/1/2020).

Fokus dari penelitian ini adalah misteri biologi pada sel sperma yang sejauh ini diketahui 90 persen mengaktifkan gen terbesar.

Sebuah pola yang juga terlihat pada spesies tikus, burung dan lalat buah. Sel-sel di sebagian organ mengekspresikan sekitar 60 persen dari kode genetik mereka.

Baca juga: Ramai Tagar #SexEducation, Apa Sih Bedanya Sperma dan Sel Darah Putih?

Penulis senior Itai Yanai, direktur Institute for Computational Medicine at NYU Langone Health mengatakan sekarang semakin jelas, bahwa sperma ternyata mampu mengaktifkan lebih banyak gen saat mereka berkembang.

"Sebab, hal itu dilakukan melalui proses perbaikan DNA dan melindungi integritas pesan yang akan diwariskan," sambung Yanai.

Yanai juga memaparkan adanya perbaikan pada sperma kurang aktif dalam gen yang diaktifkan, namun hal itu lebih jarang.

Berdasarkan hal itu, profesor di Departemen Biokimia dan Farmakologi Molekuler di NYU Grossman School of Medicine ini mengatakan studi tersebut mendukung teori evolusi menggunakan frekuensi transkripsi sebagai pengungkit.

Baca juga: Pria yang Rutin Olahraga Punya Sperma Lebih Sehat

"Mempertahankan kode DNA dalam beberapa gen, tetapi menolaknya untuk memungkinkan perubahan di tempat lain ketika itu berkontribusi untuk bertahan hidup," jelas dia.

Contoh gen yang tidak diaktifkan, tidak diperbaiki dan bebas untuk mengakumulasi perubahan dalam sperma adalah yang terkait dengan kekebalan atau imun. Gen ini harus berkembang, jika tubuh ingin mengenali dan menyerang bakteri dan virus yang terus berkembang.

Analisa pola ekspresi gen

Untuk melakukan studi baru, penulis menganalisisi pola ekspresi gen selama pematangan sperma pada resolusi tunggal.

Pertama dengan mengumpulkan sampel jaringan testis manusia, dibiopsi dari sukarelawan yang disetujui. Dengan menggunakan mikrofluida, mereka kemudian melewatkan semua sel dalam sampel ke dalam tabung. 

Tim mereferensikan temuan ini dengan variasi DNA yang diketahui dalam basis data populasi manusia untuk memperkirakan seberapa sering perbaikan terjadi pada gen yang diberikan.

Baca juga: Donor Sperma di Inggris dari Orang Meninggal Harus Diizinkan, Mengapa?

Yang mengejutkan, para peneliti menemukan gen yang diaktifkan beberapa kali selama pengembangan sel sperma mengandung 15-20 persen kesalahan kode DNA.

Kesalahan kode DNA itu lebih sedikit daripada gen yang tidak diekspresikan, dengan perbedaan yang dikaitkan dengan perbaikan transcription-coupled repair (TCR).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com