Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ma'rufin Sudibyo

Orang biasa saja yang gemar melihat bintang dan menekuri Bumi.

Asteroid OK yang Nyaris Tak Oke

Kompas.com - 16/08/2019, 17:08 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PUNCAK hujan meteor Perseids sudah dilalui di awal minggu kedua bulan Agustus 2019 ini.

Meski langit malam tidaklah benar–benar gulita seiring bertahtanya Bulan yang menjelang purnama pada 12–13 Agustus 2019, laporan–laporan pengamatan yang dihimpun International Meteor Organization menyimpulkan bahwa pada puncaknya, hujan meteor periodik ini menghamburkan 100 meter per jam. Menjadikannya salah satu hujan meteor periodik yang cukup intensif.

Meteor–meteor tersebut umumnya berasal dari meteoroid dengan dimensi dalam orde mikrometer, singkatnya seukuran debu. Namun terdapat pula meteoroid yang lebih besar dari butiran pasir dan memasuki atmosfer menjadi meteor–terang (fireball).

Salah satu di antaranya sempat diabadikan tim Virtual Telescope, lembaga nirlaba yang fokus pada penelitian dan edukasi astronomi sejagat melalui dunia maya.

Meteoroid–meteoroid Perseids merupakan remah–remah komet Swift–Tuttle, sebuah komet periodik yang memiliki periode 133 tahun. Terakhir kali komet ini melintas di dekat Bumi pada 1992 silam dan takkan kembali lagi hingga seabad kelak, tepatnya pada tahun 2126.

Setiap kali komet Swift–Tuttle menuju ke perihelionnya, hembusan angin Matahari membuat butir–butir debu dan pasir di paras sang komet terlepas dan terserak di sepanjang lintasan yang baru saja dialuinya. Remah–remah inilah yang bakal menjadi hujan meteor manakala Bumi sedang melintas melaluinya.

Komet Swift–Tuttle adalah salah satu benda langit yang menarik perhatian dunia astronomi karena bakal kerap melintas dekat Bumi di masa depan. Itu menjadikannya salah satu benda langit berpotensi bahaya. Maksudnya memiliki peluang untuk menumbuk Bumi.

Dengan diameter 27 kilometer dan kecepatan 61 kilometer per detik, apabila komet Swift–Tuttle benar–benar menumbuk Bumi, maka akan tercipta bencana tak terperi melampaui peristiwa Tumbukan Kapur–Tersier yang menjadi biang punahnya dinosaurus dan 75 persen genus makhluk hidup Bumi sezaman pada 65 juta tahun silam.

Sebab, energi tumbukan komet Swift–Tuttle bakal 27 kali lipat lebih besar ketimbang Tumbukan Kapur–Tersier.

Masalah komet Swift–Tuttle adalah masalah masa depan. Sebaliknya dua minggu sebelum puncak hujan meteor Perseids 2019, hampir terjadi peristiwa tumbukan benda langit yang lain meski skalanya jauh lebih kecil.

Akan tetapi sudah cukup membuat sebagian astronom menahan napas. Karena meskipun skalanya jauh lebih kecil, andaikata peristiwa tersebut benar–benar terjadi dan menimpa sebuah kota metropolitan, semuanya bakal hancur berantakan.

Saya sedang bertekun dengan angka–angka posisi Bulan sebagai bagian dari bahan penyusunan usulan hari libur nasional 2021 manakala sebuah notifikasi masuk. Dan langsung membuat bulu kuduk meremang.

Sebuah asteroid dekat–Bumi yang baru saja ditemukan dan dilabeli asteroid 2019 OK oleh Minor Planet Center dari Perhimpunan Astronomi Internasional, diketahui melintas sangat dekat dengan Bumi kita pada Kamis 25 Juli 2019 pukul 08:22 WIB.

Asteroid 2019 OK yang relatif besar (diameter 75 meter) melintas dalam jarak hanya 65.000 km dari paras Bumi kita dengan kecepatan luar biasa, mencapai 88.500 km/jam. Ini merupakan jarak perlintasan terkecil sebuah asteroid dekat–Bumi yang pernah terjadi dalam kurun 300 tahun terakhir.

Bilamana asteroid 219 OK saat itu mengarah langsung ke Bumi maka energi yang diangkutnya mencapai 71 megaton TNT atau setara 5.000 butir bom nuklir Nagasaki. Energi sebesar itu diperoleh apabila komposisinya identik dengan meteorit kondritik (massa jenis 2,2 gram per sentimeter kubik).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com