Sisa Fosil Akibat Hantaman Asteroid 66 Juta Tahun Lalu Ditemukan

Kompas.com - 01/04/2019, 17:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Para ilmuwan AS mengaku telah menemukan sisa-sisa fosil yang mati akibat hantaman asteroid besar 66 juta tahun lalu, fenomena yang memusnahkan dinosaurus.

Dalam makalah yang terbit Senin di Proceedings of the Academy of Natural Sciences, tim ahli paleontologi dari Universitas Kansas menemukan lapisan induk fosil hewan dan ikan di daerah yang kini disebut Dakota Utara, negara bagian AS.

Hantaman asteroid yang menghantam kawasan Mexico di masa lalu dilabeli sebagai fenomena paling mematikan yang pernah menimpa Bumi dan telah menghanguskan 75 persen flora dan fauna, membunuh dinosaurus dan membuka jalan untuk lahirnya manusia.

Para peneliti percaya, dampak kejadian itu memicu lonjakan seismik yang bergerak cepat sehingga memicu aliran air yang dewas dan puing-puing dari laut dalam yang dikenal sebagai Western Interior Seaway.