Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Memang Darurat Polusi Udara, tetapi Jangan Lupakan Polusi di Rumah

Kompas.com - 06/08/2019, 08:07 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, masyarakat sedang dikhawatirkan dengan kualitas udara di Jakarta. Pasalnya, data AirVisual menunjukkan bahwa ibu kota sedang darurat polusi udara.

Menurut data penelitian pada tahun 2010, 80 persen sumber polusi udara di luar ruangan adalah pembuangan bahan bakar kendaraan, emisi industri, kegiatan rumah tangga dan membakar sampah.

Namun, tahukah Anda bahwa sumber polusi udara juga ada di dalam ruangan? Malah, polusi udara di dalam ruangan bisa menjadi sumber penyakit bila tidak tersirkulasi dengan baik.

Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia - RSUP Persahabatan mengungkapkan dalam acara diskusi media  beberapa sumber polusi dalam ruangan yang sering tidak disadari.

Baca juga: Lebih Parah dari Jakarta, Ini Daftar Kota Paling Tercemar Polusi Udara

1. Asap rokok

Seperti yang kita ketahui, asap rokok sangat menganggu, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Namun, tahukah Anda bahwa asap rokok merupakan polutan nomor satu untuk polusi udara dalam ruangan?

Diungkapkan oleh Agus, asap rokok memiliki partikel yang kecil, sehingga meskipun asap yang terlihat telah menghilang, partikelnya dapat menempel pada berbagai barang atau benda-benda yang ada di dalam ruangan tersebut.

Lantas bukan tidak mungkin bila penghuni dalam ruangan masih dapat terserang penyakit akibat asap rokok, meski tidak secara langsung bertemu dengan orang yang sedang merokok.

Baca juga: Soal Polusi Jakarta, Greenpeace Minta Pedoman Pengukuran ISPU Direvisi

2. Kegiatan domestik

Tanpa kita sadari, kegiatan sehari-hari di dapur, seperti memasak, ternyata juga bisa menjadi sumber polusi di dalam ruangan Anda.

Pasalnya, memasak dengan minyak ataupun kompor gas juga menghasilkan asap seperti halnya rokok.

3. Mesin-mesin elektrik

Rumah siapa yang tidak memiliki mesin-mesin elektrik seperti kulkas, televisi, kipas angin dan lain sebagainya. Ternyata, mesin-mesin elektrik tersebut juga menyumbang polusi udara di dalam ruangan, meski dengan emisi yang berbeda-beda.

Baca juga: Soal Sumber Polusi Udara di Jakarta, KLHK Angkat Bicara

4. Bahan-bahan organik

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa bahan-bahan organik bisa menjadi sumber polusi udara di dalam ruangan? Padahal, katanya bahan organik itu bahan alami yang baik bagi kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com