Kompas.com - 20/03/2019, 21:05 WIB
Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas. Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas.

KOMPAS.com - Bulan lalu, pesawat ruang angkasa Jepang, Hayabusa2 mendarat di asteroid Ryugu. Sekarang, badan antariksa Jepang (JAXA) mengumumkan rencana mereka untuk membuat Hayabusa2 akan melakukan sebuah ledakan besar.

Hayabusa2 dijadwalkan menjatuhkan bom di asteroid dan menambang beberapa fragmen hasil ledakan pada bulan depan. Bom itu akan mengenai sebuah kawah besar di Ryugu.

Hal ini bukan pertama kalinya Hayabusa2 menggunakan "senjata" pada asteroid Ryugu. Ketika pertama kali mendarat, Hayabusa2 menembakkan peluru kecil ke permukaan asteroid, mengeluarkan beberapa debu dan batu kecil untuk dipelajari kemudian.

Sekarang pesawat ruang angkasa itu akan meningkatkan daya tembaknya, meluncurkan bom di permukaan asteroid hanya lebih dari satu mil per detik. Diperkirakan, ledakan itu akan menghasilkan kawah selebar 9 meter.

Baca juga: Pesawat Antariksa Jepang Tinggalkan Jejak di Asteroid Ryugu

Setelah itu, Hayabusa2 dapat mengunjungi kawah itu sendiri. Tetapi JAXA mengatakan, mereka akan memprioritaskan keselamatan penyelidikan jika mendarat di kawah akan terlalu berbahaya.

Jika misinya berhasil, Hayabusa2 akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang menambang material bawah permukaan dari asteroid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, NASA memecah sebuah komet pada tahun 2005. Namun, NASA tidak menindaklanjuti dengan benar-benar mengumpulkan berbagai potongan batuan ruang angkasa untuk dipelajari.

Karena Hayabusa2 akan bertahan setelah ledakan besar, pesawat antariksa itu harus cepat melesat dari ledakan sebelum kembali untuk mengumpulkan fragmen.

"Ini akan sangat menantang," kata insinyur JAXA Takanao Saeki dikutip dari Futurism, Senin (18/03/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Futurism
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.