Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Antariksa Jepang Tinggalkan Jejak di Asteroid Ryugu

Kompas.com - 26/02/2019, 12:12 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Badan Eksplorasi Luar Angkasa  Jepang (JAXA) baru saja menangkap sesuatu yang luar biasa dari asteroid Ryugu minggu ini.

Pesawat luar angkasa Hayabusa2 tak hanya memotret rupa Ryugu, tapi juga sukse melakukan pendaratan, mengambil sampel, dan meninggalkannya secepat kilat.

Melansir Science Alert, Selasa (26/2/2019), Hayabusa2 tiba di Ryugu bulan Juni 2018 dan menjatuhkan sepasang penjelajah kecil seukuran kue untuk mengeksplorasi Ryugu di September 2018.

Baca juga: Resmi Sudah, Pesawat Antariksa Jepang Mendarat di Asteroid Ryugu

Selain menjatuhkan rover sekecil kue, yang paling menarik dari misi Hayabusa2 adalah membawa sampel asteroid Ryugu ke Bumi.

Bagaimana hal itu dilakukan?

Empat hari lalu, Jumat (22/2/2019), Hayabusa2 mendarat di permukaan Ryugu dan menembakkan peluru tantalum pada kecepatan 300 meter per detik ke permukaan asteroid.

Tantalum adalah suatu unsur kimia jenis logam transisi yang sangat tahan pada korosi dan ditemukan pada mineral tantalit.

Penembakkan peluru ke permukaan itu mengeluarkan sampel asteroid Ryugu yang segera ditangkap tabung khusus dari Hayabusa2. Proses itu terjadi dengan sangat singat, kurang dari satu menit.

Selain mengambil sampel, Hayabusa2 segera mengambil potret Ryugu dari dekat sesaat setelah lepas landas. Foto itu diambil dari ketinggian 25 meter di atas Ryugu.

Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas. Lokasi pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2 di asteroid Ryugu. Bayangan Hayabusa2 terlihat jelas.
Seperti kita lihat, bayangan dalam foto permukaan Ryugu di atas adalah milik Hayabusa2 yang terbang sangat dekat di atasnya.

Kalau dilihat cermat, ada spot hitam tepat di bawah bayangan Hayabusa2. Tim JAXA mengatakan, spot hitam yang sekaligus menjadi lokasi pendaratan sebelumnya tidak ada.

Untuk membuktikan bahwa Hayabusa2 meninggalkan jejak di Ryugu, Anda bisa lihat perbedaan dua gambar di bawah ini.

Foto sebelum dan sesudah pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2. Lingkaran ungu menunjukkan lokasi pendaratan. Gambar kiri adalah sebelum Hayabusa2 mendarat, dan gambar kanan setelah lepas landas. Foto sebelum dan sesudah pendaratan pesawat ruang angkasa Hayabusa2. Lingkaran ungu menunjukkan lokasi pendaratan. Gambar kiri adalah sebelum Hayabusa2 mendarat, dan gambar kanan setelah lepas landas.
Lingkaran ungu menunjukkan lokasi pendaratan. Pada gambar sebelah kiri, Hayabusa2 belum melakukan pendaratan. Pada foto sebelah kanan setelah Hayabusa2 lepas landas dan nampak adanya spot hitam.

Baca juga: Begini Penampakan Permukaan Asteroid Ryugu

"Kami belum mengetahui alasan kenapa ada perubahan warna setelah pendaratan. Tapi mungkin saja itu karena grit yang diledakkan ke atas oleh pendorong pesawat ruang angkasa atau karena peluru," terang JAXA dalam situs websitenya.

Nantinya sampel asteroid Ryugu akan dibandingkan dengan sampel dari asteroid Itokawa yang dibawa oleh Hayabusa pada 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com