Dalam Uji Pra-Klinis, Vaksin Terbaru untuk Virus Zika Terbukti Efektif

Kompas.com - 06/12/2018, 19:07 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Zika merupakan penyakit yang disebarkan melalui gigitan nyamuk dan hubungan seks. Sampai saat ini, belum ada vaksin atau obat spesifik untuk menyembuhkan infeksi virus zika.

Sejak tahun 2015, perang terhadap virus zika telah melahirkan setidaknya 30 jenis vaksin, tetapi belum ada yang efektif menangkal virus zika. Padahal, dampak dari virus ini cukup mengkhawatirkan, khususnya bagi perempuan hamil karena dapat menyebabkan cacat lahir.

Akan tetapi, harapan akan vaksin virus zika kembali muncul ketika para peneliti dari John A Burns School of Medicine (JABSOM), Hawaii, mengembangkan kandidat vaksin untuk virus zika dan menunjukkan hasil yang efektif ketika dicobakan pada tikus dan monyet yang terinfeksi zika.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Immunology dan mSphere melalui akses terbuka American Society for Microbiology ini memaparkan tentang vaksin subunit rekombinan yang menggunakan sebagian kecil protein dari virus zika yang diproduksi di sel serangga.