Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Ini Kita Tinggal di Zaman Geologi Baru, Namanya Meghalayan

Kompas.com - 23/07/2018, 18:29 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Menurut pakar geologi, saat ini kita sedang berada di pertengahan zaman geologi baru, namanya Meghalayan.

Dalam keterangan International Union of Geological Sciences (IUGS), Meghalayan dimulai sejak 4.200 tahun lalu. Di mana saat itu terjadi kekeringan global yang menghancurkan seluruh peradaban di bumi.

Meghalayan merupakan zaman paling baru yang diklasifikasikan dalam seri atau kala Holosen. Seperti pengumuman yang dirilis IUGS pada Jumat (13/7/2018), artinya seri Holosen memiliki tiga tahapan umur geologi.

Seri Holosen tertua disebut Greenlandian, terjadi sekitar 11.700 sampai 8.326 tahun yang lalu. Holosen tengah disebut Northgrippian, terjadi sekitar 8.326 tahun sampai 4.200 tahun yang lalu. Terakhir adalah Meghalayan yang dimulai pada 4.200 tahun lalu sampai sekarang.

Baca juga: Ikuti Langkah Manusia, Sekelompok Monyet Panama Masuki Zaman Batu

Dilansir Live Science, Rabu (18/7/2018), ahli geologi telah membagi dan menamai semua sejarah bumi sejak 4,54 miliar tahun lalu secara sistematis dan memuatnya dalam International Chronostratigraphic Chart.

Semuanya telah dikelompokkan sesuai dengan skala waktu geologi. Berturut-turut skala waktu geologi dari yang terlama sampai terpendek adalah eon atau kurun, era atau masa, periode, dan kala/seri.

Menurut para ahli, saat ini kita berada di eon Fenerozoikum, era Kenozoikum, periode Kuarter, dan seri Holosen Meghalayan.

Dalam keterangan yang disampaikan IUGS lewat unggahan twitter mereka, zaman Meghalayan terjadi pada 4.250 tahun yang lalu sampai saat ini.

Sebelumnya, IUGS mengatakan bahwa Meghalayan terjadi sejak 4.250 tahun lalu sampai tahun 1950. Namun, pernyataan itu telah diralat oleh mereka.

Sebagai informasi, keterangan twit tersebut salah. Seperti kita lihat, IUGS mengatakan bahwa Meghalayan terjadi sejak 4.250 tahun lalu sampai tahun 1950. Namun, pernyataan itu telah diralat oleh mereka.

"Koreksi: Greenlandian (11.700-8.326 tahun lalu), Northgrippian (8.326-4.200 tahun lalu), Meghalayan (sejak 4.200 tahun lalu). Meghalayan masih terjadi hingga saat ini, tidak hanya sampai 1950)," tulis IUGS dalam twitnya.

Bagaimana caranya membagi usia bumi?

"Untuk menentukan waktu awal setiap usia bumi, kami melihat jejak kimia unik yang ditemukan dalam sampel batuan dari waktu itu. Setiap jejak berhubungan dengan peristiwa iklim yang besar," kata IUGS dalam sebuah pernyataan.

Misalnya saja Greenlandian, usia tertua dalam seri Holosen terjadi sejak 11.700 tahun lalu, saat bumi meninggalkan zaman es.

Menurut laporan BBC, Northgrippian dimulai pada 8.300 tahun lalu, saat Bumi tiba-tiba mulai mendingin, gletser di Kanada mencair dan mengalir sampai Atlantik Utara. Fenomena ini mengganggu arus lautan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com