Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sengaja Kena Getah Tanaman Liar, Perempuan Ini Alami Luka Bakar

Kompas.com - 22/07/2018, 10:04 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Luka bakar tingkat dua yang membuat kulit melepuh umumnya disebabkan oleh api atau sesuatu yang sangat panas. Namun ternyata, rumput tertentu juga bisa menyebabkan luka bakar tingkat dua.

Hal tersebut benar dialami Charlotte Murphy, perempuan 21 tahun asal AS. Sebagian kaki kiri Murphy melepuh, beberapi hari setelah ia tersandung dan jatuh ke hamparan tanaman ubi liar (Pastinaca sativa).

Getah tanaman satu ini memang berbahaya. Meski akarnya yang berwarna kecokelatan bisa dimakan, namun dalam getahnya mengandung furanocoumarins, senyawa yang dapat menyebabkan luka bakar parah.

"Getah itu beracun dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengendalikan radiasi UV dari sinar matahari," ungkap Joellen Lampman, dosen di program menajemen hama dari Cornell University kepada Live Science, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Kasus Langka, Wanita Buta Ini Dapat Melihat Objek Bergerak

Menurut ahli biologi Pennsylania State University, tanaman ubi liar Pastinaca sativa umumnya bisa tumbuh sampai 150 sentimeter.

Ciri khas tanaman berbahaya ini adalah, ia memiliki bunga kecil berwarna kuning yang bentuknya seperti payung, kira-kira lebarnya sekitar 5 sentimeter.

Kasus seperti ini memang jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya kita untuk tetap waspada. Jika Anda curiga telah bersentuhan dengan tanaman ubi liar beracun, segeralah mencuci kulit yang terkena tanaman dengan sabun dan air.

Zat kimia beracun hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 60 menit untuk menembus kulit dan merusak DNA kita.

Kondisi Murphy

Setelah tersandung dan jatuh ke tanaman ubi liar beracun, ia sempat berpanasan di bawah terik matahari selama beberapa jam dan tidak mencuci kakinya.

Dilansir Newsweek, Kamis (19/7/2018), beberapa hari setelah kejadian, Murphy terbangun dan melihat kakinya sudah melepuh. Ia bahkan sama sekali tidak bisa berjalan karena rasanya sangat menyakitkan.

Murphy melakukan perawatan di rumah sakit University of Vermont, bagian trauma dan luka bakar dan kini ia sudah kembali ke rumah.

"Saat ini keadaan sudah lebih baik, kulit baru sudah tumbuh kembali," ujar Murphy.

Baca juga: Dokter Temukan Cacing Pita Bersarang di Tulang Belakang Perempuan Ini

Untuk mengingatkan orang lain, Murphy pun mengunggah foto-foto kakinya yang terbakar ke akun Facebooknya.

Dalam keterangan foto, ia berharap kasusnya itu dapat menjadi pelajaran bagi banyak orang, terutama agar berhati-hati pada tanaman ubi liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com