Astronom Temukan Asteroid Alien Mengorbit Bersama Jupiter

Kompas.com - 23/05/2018, 14:05 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, sebuah asteroid alien kembali ditemukan di tata surya kita. Setelah sebelumnya ada asteroid Oumuamua ditemukan oleh para astronom dari University of Hawaii Institute for Astronomy pada Oktober lalu.

Kini, satu lagi asteroid alien mendatangi tata surya kita. Tepatnya, asteroid tersebut berada di orbit Jupiter.

Melalui teleskop, asteroid ini terlihat seperti asteroid pada umumnya. Hanya saja ada sebuah perbedaan mencolok, yaitu ia bergerak ke arah yang salah.

Berbeda dengan Omuamua yang hanya singgah, asteroid ini merupakan yang pertama ditemukan "tinggal permanen" di tata surya kita.

Dalam laporan di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society ini menyebut batu antariksa dengan panjang 29 kilometer ini diberi kode 2015 BZ509.

Bukan dari Tata Surya Kita

Para astronom pertama kali menduga bahwa asteroid ini bukan dari tata surya kita saat melihat orbitnya.

Benda langit ini mengorbit "mundur" dari matahari, berlawanan dengan arah orbit semua planet dan hampir semua obyek dalam sistem tata surya kita.