Mengapa Anjing Suka Makan Kotorannya Sendiri? - Kompas.com

Mengapa Anjing Suka Makan Kotorannya Sendiri?

Kompas.com - 21/01/2018, 19:30 WIB
Ilustrasi anjingDaily Mail Ilustrasi anjing

KOMPAS.com - Jijik melihat anjing anda makan kotoran mereka sendiri? Jangan tergesa-gesa mengusirnya karena perilaku tersebut ada penjelasan ilmiahnya.

Penelitian dari Universitas California di Davis menunjukan 16 persen dari ribuan pemilik anjing setidaknya melihat anjing miliknya 6 kali makan kotorannya sendiri.

Perilaku itu memang belum ada penjelasan pastinya.

Namun menurut Benjamin Hart, seorang dokter hewan di Center for Animal Behavior di Davis, perilaku itu berhubungan dengan perilaku serigala, moyang anjing.

Serigala mempunyai kebiasaan buang air besar jauh dari tempat tinggalnya karena kotorannya mengandung telur parasit usus.

Baca Juga: Tahukah Anda, Indera Penciuman Manusia Bisa Sebaik Anjing

Menurut studi Hart, 80 persen dari anjing pemakan kotoran atau coprophagy akan memilih kotoran yang masih segar, setidaknya tidak tidak lebih dari dua hari.

"Jika anjing memakannya dengan benar maka aman untuk dimakan. Mereka tidak akan terinfeksi oleh parasit," tambahnya.

Di Jurnal Veterinary Medicine and Science, Hart menyimpulkan bahwa anjing pemakan kotoran zaman sekarang, masih membawa naluri nenek moyangnya.

Teka-teki mengapa anjing memakan kotoran memang belum selesai, namun setidaknya penjelasan di atas paling logis.

Baca Juga: Sadarkah Anda, Anjing Buta Warna Merah dan Hijau?

James Serpell, seorang profesor di sekolah kedokteran hewan Universitas Pennsylvania, menyebut teori Hart sebagai penjelasan yang masuk akal. Namun dirinya lebih cenderung menyebut anjing pemakan kotoran sebagai anjing yang rakus.

Dalam penelitian Serpell, anjing di negara berkembang tidak hanya makan kotorannya sendiri, tapi juga milik manusia.

"Mempertimbangkan historisnya, perilaku anjing rakus ini mungkin masih dilakukan anjing-anjing modern saat ini," kata Serpell.

" Anjing dan kucing modern diberi makan makanan yang kaya akan lemak dan protein, yang tidak sepenuhnya dapat dicerna. Ini membuat kotoran kotoran berpotensi menjadi sumber makanan bekas bagi anjing," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Canine Science Collaboratory di Arizona State University, Clive Wynne mengatakan, hasil survei menunjukkan anjing pemakan kotoran memiliki kecenderungan untuk makan kotoran kucing.

"Hal itu konsisten dengan gagasan bahwa perilaku itu dimotivasi oleh selera dan keinginan makan," katanya dikutip dari Science Alert pada hari Jumat (19/1/2018).

Untuk mengatasi perilaku "aneh" anjing tersebut, peneliti masih mengkaji banyak hal, termasuk mencari tablet yang membuat anjing jengah untuk makan kotoran mereka.

"Kami akan melihat beberapa uji klinis mengenai perawatan yang cukup berbeda sehingga mereka dapat memecahkan masalahnya," kata Hart.

 


EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar
Close Ads X