Kompas.com - 10/11/2017, 18:37 WIB
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com -- Anjing merupakan hewan yang unik. Meski memiliki penciuman yang tajam, hewan yang satu ini berpenglihatan buruk. Bahkan, sahabat terbaik manusia ini buta warna.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Royal Society journal Open Science menyebutkan bahwa anjing buta warna hijau dan merah.

Tidak percaya? Coba ajak anjing bermain bola berwarna merah di taman yang hijau. Hewan kesayangan Anda ini akan kebingungan mencari bola tersebut. 

Sejatinya, anjing tidak memiliki kemampuan untuk mengenal warna karena ia termasuk binatang dengan tipe krepuskular atau hewan yang aktif pada malam hari.

Baca jugaMengapa Kita Jangan Sampai Membangunkan Anjing yang Tidur?

Namun, karena anjing sekarang menjadi hewan peliharaan di rumah, mereka terpaksa beraktivitas di siang hari, meskipun kemampuan matanya belum berevolusi dengan sempurna.

Dr Marcello Siniscalchi, dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Bari, Italia, menjelaskan bahwa pelatih anjing memilih tidak mengenakan baju atau sepatu warna merah agar tidak membingungkan si anjing.

"Ini menarik bagi pecinta anjing yang ingin memiliki hubungan baik dengan hewan peliharaannya. Agar punya anjing yang pintar dan dekat dengan pemiliknya, pilihlah mainan frisbee atau lainnya yang warnanya bukan merah dan hijau," kata Siniscalchi dikutip dari Telegraph , Rabu (8/11/2017).

Para peneliti menemukan fakta unik tersebut setelah menggunakan tes buta warna Ishihara yang sudah dimodifikasi sedemikan rupa untuk anjing. Bentuk angka diganti dengan gambar kucing tersembunyi dalam lingkaran titik merah dan hijau. 

"Kami membuktikan bahwa anjing menunjukkan respons perilaku yang serupa dengan manusia yang buta warna merah dan hijau, yaitu saat anjing berjuang membedakan warna merah dan hijau," kata Siniscalchi.

Baca juga: Bersin Anjing Liar Afrika Digunakan untuk Memungut Suara

Setelah berhasil membuktikannya, para peneliti kini berhipotesis bahwa anjing tidak hanya buta warna merah dan hijau, tetapi juga untuk warna coklat dan oranye. Namun, dugaan ini tentunya perlu dikonfrimasi dengan uji coba warna coklat dan oranye pada anjing.

"Selain meningkatkan pengetahuan tentang kemampuan perseptual anjing, penelitian ini, untuk pertama kalinya, menjelaskan sebuah metode yang bisa digunakan untuk menilai penglihatan warna dalam kerajaan hewan," tutup Siniscalchi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.