DBD Dapat Ditekan Lewat Perilaku Seks Nyamuk, Kok Bisa?

Kompas.com - 13/12/2017, 20:30 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com — Mempelajari perilaku nyamuk diharapkan mampu mencegah penyebaran penyakit DBD. Perilaku seks nyamuk salah satunya.

Baru-baru ini, tim periset dari laboratorium Leslie B Vosshall, Profesor Robin Chemers Neustein dari Rockefeller yang dipimpin oleh Laura Duvall, menemukan bahwa nyamuk Aedes aegypti menggunakan nutrisi atau protein dari darah manusia untuk membuahi 500-an telur saat melakukan perkawinan.

Para peneliti kemudian mencoba untuk memahami perilaku seksual nyamuk tersebut dan dalam jurnal Current Biology. Mereka mengklaim telah menemukan strategi baru untuk menjaga hama DBD dan mencegah penyebaran penyakit.

Saat melakukan penelitiannya, Duvall mengaku ingin mempelajari lebih banyak tentang biologi di balik perilaku seks nyamuk betina. Khususnya, dia penasaran dengan peran yang dimainkan oleh protein kecil yang disebut HP-I.

Baca juga: Efek Vaksin DBD Bisa Berbahaya, Ini Penjelasan WHO dan IDAI

Penelitian sebelumnya menunjukkan, HP-I diproduksi oleh pejantan nyamuk Aedes aegypti dan ditransfer saat nyamuk melakukan hubungan seks. Ketahanannya di dalam nyamuk betina hanya sampai 2 jam.

Temuan itu dikonfirmasi oleh Duvall dan timnya. Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti memasangkan nyamuk jantan dan betina, termasuk nyamuk mutan yang dimodifikasi secara genetis agar sama sekali tidak menghasilkan HP-I dan nyamuk normal.

Setelah nyamuk mendapatkan pasangan dalam berbagai kombinasi, tim mencari perubahan perilaku pencarian betina. Tidak peduli dengan nyamuk mana yang kawin, betina tampak tetap berambisi untuk mencari orang untuk digigit.

Akan tetapi, ketertarikan mereka terhadap nyamuk jantan berubah.