Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sadarkah Anda, Anjing Buta Warna Merah dan Hijau?

Kompas.com - 10/11/2017, 18:37 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com -- Anjing merupakan hewan yang unik. Meski memiliki penciuman yang tajam, hewan yang satu ini berpenglihatan buruk. Bahkan, sahabat terbaik manusia ini buta warna.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Royal Society journal Open Science menyebutkan bahwa anjing buta warna hijau dan merah.

Tidak percaya? Coba ajak anjing bermain bola berwarna merah di taman yang hijau. Hewan kesayangan Anda ini akan kebingungan mencari bola tersebut. 

Sejatinya, anjing tidak memiliki kemampuan untuk mengenal warna karena ia termasuk binatang dengan tipe krepuskular atau hewan yang aktif pada malam hari.

Baca jugaMengapa Kita Jangan Sampai Membangunkan Anjing yang Tidur?

Namun, karena anjing sekarang menjadi hewan peliharaan di rumah, mereka terpaksa beraktivitas di siang hari, meskipun kemampuan matanya belum berevolusi dengan sempurna.

Dr Marcello Siniscalchi, dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Bari, Italia, menjelaskan bahwa pelatih anjing memilih tidak mengenakan baju atau sepatu warna merah agar tidak membingungkan si anjing.

"Ini menarik bagi pecinta anjing yang ingin memiliki hubungan baik dengan hewan peliharaannya. Agar punya anjing yang pintar dan dekat dengan pemiliknya, pilihlah mainan frisbee atau lainnya yang warnanya bukan merah dan hijau," kata Siniscalchi dikutip dari Telegraph , Rabu (8/11/2017).

Para peneliti menemukan fakta unik tersebut setelah menggunakan tes buta warna Ishihara yang sudah dimodifikasi sedemikan rupa untuk anjing. Bentuk angka diganti dengan gambar kucing tersembunyi dalam lingkaran titik merah dan hijau. 

"Kami membuktikan bahwa anjing menunjukkan respons perilaku yang serupa dengan manusia yang buta warna merah dan hijau, yaitu saat anjing berjuang membedakan warna merah dan hijau," kata Siniscalchi.

Baca juga: Bersin Anjing Liar Afrika Digunakan untuk Memungut Suara

Setelah berhasil membuktikannya, para peneliti kini berhipotesis bahwa anjing tidak hanya buta warna merah dan hijau, tetapi juga untuk warna coklat dan oranye. Namun, dugaan ini tentunya perlu dikonfrimasi dengan uji coba warna coklat dan oranye pada anjing.

"Selain meningkatkan pengetahuan tentang kemampuan perseptual anjing, penelitian ini, untuk pertama kalinya, menjelaskan sebuah metode yang bisa digunakan untuk menilai penglihatan warna dalam kerajaan hewan," tutup Siniscalchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com