Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Anjing Mengetahui bahwa Anda Sedang Hamil?

Kompas.com - 21/08/2017, 20:33 WIB

KOMPAS.com -- Untuk saat ini, kita belum bisa berbicara dengan hewan peliharaan, tetapi untungnya, ada para ahli yang bisa membantu kita menerjemahkan perilaku mereka.

Catherine Zuckerman, penulis majalah National Geographic, menemukan perilaku janggal yang dilakukan oleh Zucco, anjing jenis Coton de Tulear yang menjadi peliharaannya.

Zuckerman yang sedang hamil dibingungkan oleh kelakuan Zucco yang mulai membuang air kecil di kamar bermain putrinya. Dia curiga bila anjing tersebut mengetahui perihal kehamilannya.

(Baca juga: 3 Alasan Anjing Suka Bergulung-gulung di Tempat Bau)

"Hal pertama yang harus dilakukan oleh Zuckerman adalah pergi ke dokter hewan, untuk menyingkirkan kemungkinan adanya masalah medis, seperti infeksi saluran kemih," kata Carlo Siracusa, dokter hewan dan ahli perilaku hewan di Unviersity of Pennsylvania. 

Tanpa masalah kesehatan, ada kemungkinan Zucco dapat mendeteksi perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan Zuckerman, dan mungkin berperilaku berbeda dalam meresponsnya. "Misalnya, anjing yang pemiliknya mulai melakukan perawatan hormonal kadang kala memiliki perilaku menyimpang dari kebiasaaan normalnya," jelas Siracusa.

Selain memiliki penciuman yang tajam, anjing juga sangat intuitif, dan dapat mengetahui perubahan dalam tindakan dan rutinitas teman manusianya, kata Dennis Turner dari Institute for applied Ethology and Animal Psychology di Horgen, Swiss.

(Baca juga: Mengapa Anjing Jadi Sahabat Terbaik Manusia? Sains Menjelaskannya)

Sebagai contoh, meski hal yang terlihat sepele seperti adanya furnitur baru untuk bayi, dapat merusak pola harian anjing dan menyebabkan stres. "Respons mereka mungkin mengingatkan kita terhadap kecemburuan di kalangan anak-anak," kata Turner. 

Siracusa merekomendasikan beberapa tips dari Penn Vet's Ryan Veterinary Hospital  yang dapat membantu hewan-hewan peliharaan Anda agar dapat menerima perubahan yang terjadi setelah kelahiran bayi.

Beberapa di antaranya yaitu memberikan hewan peliharaan Anda perhatian ekstra setiap harinya dan memperkenalkan mereka terhadap objek-objek baru seperti boks bayi, sebelum bayi Anda lahir.

Artikel ini sudah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul: Mungkinkah Anjing Mengetahui Kehamilan Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com