5 Kali Gempa Guncang Bali, BMKG Imbau Warga Tidak Panik - Kompas.com

5 Kali Gempa Guncang Bali, BMKG Imbau Warga Tidak Panik

Resa Eka Ayu Sartika
Kompas.com - 09/11/2017, 09:17 WIB
Gempa 4,8 SR guncang BaliBMKG Gempa 4,8 SR guncang Bali

KOMPAS.com - Kamis (9/11/2017) pagi, warga Karangasem, Bali dikejutkan dengan gempa sekitar pukul 05.54 WITA. Setelah gempa pertama, terjadi 5 kali gempa susulan hingga pukul 07.00 WITA.

Di beberapa daerah di Bali, gempa dilaporkan kuat sehingga membuat warga berhamburan keluar rumah karena panik. Bahkan di Kecamatan Abang, Karangasem, Bali berapa atap rumah warga dilaporkan roboh.

Menanggapi hal tersebut, BMKG meminta warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggung jawabkan karena kekuatan gempa terus mengecil.

Baca juga: Ramalan Gempa dan Tsunami Akhir 2017 Beredar, Apa Kata BMKG?

Dalam rilis resmi yang dikirim oleh Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, kepada Kompas.com, Kamis (9/11/2017), gempa tersebut merupakan gempa tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter. Pusat gempa berada pada jarak 5 kilometer arah selatan Kubu, Karangasem, Bali.

Peta guncangan gempa Bali, Kamis (9/11/2017)BMKG Peta guncangan gempa Bali, Kamis (9/11/2017)

Tepatnya pada koordinat 8,3 Lintang Selatan dan 115,55 Bujur Timur. BMKG juga mencatat gempa ini beradapada kedalaman 10 kilometer.

"Ditinjau dari hiposenter (titik kejadian gempa bumi), gempa ini termasuk gempa dangkal akibat aktivitas patahan lokal," ujar Daryono.

Dalam peta wilayah guncangan dan laporan warga, gempa ini dirasakan di Karangasem, Bangli, Gianyar, Buleleng Timur, hingga Denpasar.

PenulisResa Eka Ayu Sartika
EditorResa Eka Ayu Sartika
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM