Mengapa Orang Yunani Kuno Sengaja Bangun Kuil di Lokasi Gempa? - Kompas.com

Mengapa Orang Yunani Kuno Sengaja Bangun Kuil di Lokasi Gempa?

Lutfy Mairizal Putra
Kompas.com - 16/09/2017, 15:06 WIB
Kuil Apollo di DelphiIain S Stewart via Sci News Kuil Apollo di Delphi

KOMPAS.com -- Ketika melakukan tata kota, hal pertama yang biasanya dihindari adalah wilayah rawan gempa Bagaimana tidak, saat gempa datang, keamanan nyawa bisa terancam dan pemukiman bisa rata dengan tanah.

Namun sepertinya hal itu tak berlaku bagi masyarakat Yunani Kuno. Mereka tak memperlakukan gempa sebagai ancaman dan malah sengaja membangun di atas lokasi gempa.

Para peneliti dari University of Polymouth, melalui jurnal Proceedings of the Geologists’ Association 9 September 2017, menyebutkan bahwa pemukiman dan beberapa bagian Yunani Kuno dan Turki berada di atas patahan seismik. Tak hanya itu, mereka juga membangun tempat suci di atasnya.

(Baca juga: Kokoh 2.000 Tahun, Rahasia Kekuatan Beton Romawi Kuno Terungkap)

Direktur Earth Intitute dari University of Polymouth, Iain Stewart percaya bahwa pemukiman Yunani Kuno di atas patahan seismik lebih dari sekadar kebetulan.

" Gempa patahan endemik di dunia Aegean, dan selama lebih dari 30 tahun, saya tertarik oleh peran gempa dalam membentuk bentang alamnya," kata Stewart seperti dikutip dari Newsweek pada 14 September 2017.

Dia melanjutkan, tapi saya selalu berpikir bahwa letak situs penting sebanyak itu yang tepat di atas garis patahan akibat aktivitas seismik bukan kebetulan.

Hal itu terlihat pada kuil yang ada di Delphi. Setelah bangunan suci tersebut hancur akibat gempa bumi pada 373 SM, masyarakat Yunani Kuno membangunnya kembali di lokasi yang sama.

Beberapa ilmuwan menilai hal ini ada kaitannya dengan legenda Yunani Kuno tentang orang-orang bijak yang turun ke dunia bawah tanah. Legenda ini, kemungkinan besar, dilatarbelakangi oleh gempa.

Selain itu, masyarakat Yunani Kuno juga menganggap mata air panas yang terjadi akibat gempa sebagai situs penting dan membangun kuil atau kota di sekitarnya.

Stewart mengatakan, saya tidak berkata bahwa semua situs penting Yunani Kuno dibangun di atas garis patahan. Namun, meski kita kini memiliki anggapan negatif terhadap gempa, kita selalu tahu bahwa gempa memiliki manfaatnya sendiri dalam jangka panjang.

"Orang-orang Yunani Kuno adalah orang-orang yang sangat cerdas dan saya yakin mereka menyadari hal ini dan ingin warga negara mereka memperoleh manfaat dari kekayaan yang mereka ciptakan," ujarnya.

PenulisLutfy Mairizal Putra
EditorShierine Wangsa Wibawa
SumberNewsweek
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM