Update Virus Corona 2 Maret: 89.212 Orang di 68 Negara Terinfeksi

Kompas.com - 02/03/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona


KOMPAS.com - Indonesia mengumumkan dua kasus infeksi virus corona pertamanya yang disampaikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (2/3/2020). Hingga saat ini, virus corona Wuhan, Covid-19, telah menginfeksi 89.132 orang di dunia.

Berdasarkan data China National Health Commission (NHC) yang dilansir dari South China Morning Post, di seluruh dunia sebanyak 89.212 orang terinfeksi Covid-19 dan dilaporkan 3.048 orang tewas.

Kasus pertama di Indonesia, diumumkan siang tadi oleh Presiden Jokowi, didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Seorang ibu berusia 65 tahun dan putrinya berusia 31 tahun, setelah dicek, ternyata pada posisi sakit, dan pagi ini kami menerima laporan keduanya positif (virus) corona," ujar Jokowi.

Baca juga: 2 WNI Positif Corona, Menkes Imbau Warga Tidak Paranoid

Kedua pasien yang kini tengah dalam perawatan dan pengawasan tim medis di RSPI Sulianti Suroso, diketahui telah melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang kemudian dinyatakan positif Covid-19 di Malaysia.

"Pemerintah telah mempersiapkan sejak awal (penanganan dan antisipasi virus corona di Indonesia). Ada sekitar 100 rumah sakit dengan ruang isolasi berstandar internasional (yang siaga)," ungkap Jokowi.

Dua kasus positif virus corona, Covid-19, di Indonesia menambah lagi jumlah infeksi wabah virus asal Wuhan, China itu.

Wabah virus corona terus menyebar dan sejumlah negara mulai melaporkan kasus-kasus baru terkait penyebaran penyakit ini.

Baca juga: 2 WNI Positif Corona, Menkes Terawan Ungkap Prosedur Penanganannya

Amerika Serikat juga mengumumkan kematian kedua akibat wabah virus corona yang menginfeksi warganya.

Melansir CNN, pemerintah Kuwait melaporkan adanya 10 kasus baru virus corona di negara itu, sehingga total ada 56 kasus infeksi akibat virus corona ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X