2 WNI Positif Corona, Menkes Imbau Warga Tidak Paranoid

Kompas.com - 02/03/2020, 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan kasus pertama positif Corona di Indonesia, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan kasus pertama positif Corona di Indonesia, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).


KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo "Jokowi" mengumumkan dua orang warga negara Indonesia positif terinfeksi virus corona, Senin (2/3/2020).

Presiden Jokowi mengatakan begitu mendapatkan informasi ada orang Jepang yang tinggal di Malaysia, datang ke Indonesia, ternyata positif terinfeksi virus corona, pemerintah langsung melakukan penelusuran.

"Orang Jepang ini ke Indonesia, bertemu siapa dan ditemukan ternyata dia berhubungan dengan dua orang warga negara Indonesia. Seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun," ujar Presiden Jokowi.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan kedua orang tersebut terdeteksi sakit pada, Minggu (1/3/2020).

Baca juga: 2 WNI Positif Corona, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Tertular

Setelah terdeteksi, kedua orang tersebut langsung mendapatkan pemeriksaan dan tim melakukan penelusuran lebih lanjut.

"Kita langsung lakukan pemisahan (terhadap dua pasien), karena ternyata ada kontak langsung. Apapun yang close contact, selalu kita periksa detil," ujar Terawan.

Terawan menegaskan pemisahan atau isolasi terhadap dua orang tersebut dilakukan sebelum keduanya dinyatakan terinfeksi virus corona.

"Karena masih ODP (Orang dalam Pengawasan), lalu diisolasi. Kemudian menjadi PDP, karena sudah dirawat dengan gejala batuk dan pilek," jelas Terawan.

Selanjutnya dilakukan sweb, dan hasilnya menunjukkan kedua orang tersebut positif Covid-19 dan tengah dirawat di RSPI Sulianti Suroso.

Baca juga: 2 WNI Positif Corona, Menkes Terawan Ungkap Prosedur Penanganannya

Terkait 2 WNI postif corona, Terawan menegaskan pemerintah telah melakukan upaya yang sesuai dengan prosedur yang ada.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X