Kompas.com - 18/02/2020, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Alasan kenapa wanita orgasme telah luput dari pandangan ilmuwan. Pria melakukan orgasme untuk reproduksi, tapi wanita tidak.

Lantas, kenapa ada wanita yang orgasme?

Beberapa ilmuwan sebelumnya berpikir bahwa orgasme yang dilakukan wanita tidak memiliki tujuan.

Namun, bukti menunjukkan bahwa orgasme membantu wanita di masa lalu untuk bertahan hidup dan bereproduksi, mungkin masih membantu hingga kini.

"Satu teori menyatakan, wanita melakukan orgasme karena pria juga melakukannya," ungkap Kimberly Russell, seorang ahli ekologi di Rutgers University, New Jersey, seperti dilansir Live Science, Senin (17/2/2020).

Baca juga: Lingga-Yoni: 5 Cara Ilmiah agar Tahan Lebih Lama di Ranjang

Beberapa peneliti berpendapat, orgasme pada wanita mirip seperti puting yang dimiliki pria. Di mana, semua itu bermula dari janin tanpa memandang jenis kelamin.

"Ini mungkin bonus anatomi," kata Russell.

Meski demikian, ada ahli yang berargumen bahwa orgasme pada wanita pasti memiliki tujuan khusus. Hal ini dikemukakan oleh Patricia Brennan, seorang ahli biologi evolusi di Mount Holyoke College, Massachhusetts.

Dia mengatakan, orgasme pada wanita berbeda dengan puting yang dimiliki pria. Dia yakin, fungsi orgasme pada wanita cenderung menghilang seiring waktu.

Menurut Kinsey Institute, orgasme pada wanita cenderung bertahan lebih lama dibanding pria dan dapat terjadi beberapa kali berturut-turut, sesuatu yang jarang dialami pria.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.