Ashraf Sinclair Meninggal, Kenali 6 Faktor Risiko Serangan Jantung

Kompas.com - 18/02/2020, 10:04 WIB
Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari saat momen Lebaran 2019 Instagram Bunga Citra Lestari @bclsinclairAshraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari saat momen Lebaran 2019

KOMPAS.com - Ashraf Sinclair (40), suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BLC) meninggal dunia karena dugaan terkena serangan jantung, pagi ini, Selasa (18/2/2020).

Meskipun Ashraf tergolong masih masuk kategori usia muda dalam medis dan terlihat segar bugar, ternyata itu tidak berpengaruh terhadap risiko terkena serangan jantung yang berbahaya ini.

Oleh sebab itu, setidaknya Anda harus mengetahui apa saja faktor risiko seseorang bisa terkena serangan jantung, yang tergolong dalam penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Ashraf Sinclair Meninggal, Masih Muda dan Olahraga, Mengapa Bisa Kena Serangan Jantung?

Faktor risiko serangan jantung

1. Perokok aktif

Para ahli medis selalu mengingatkan bahwa menjadi seorang perokok aktif sangat berisiko terhadap berbagai penyakit di dalam tubuh, termasuk penyakit di jantung.

"Dalam beberapa tahun terakhir, rokok menjadi faktor risiko terbesar penyakit kardiovaskular, terutama pada laki-laki," ungkap Siska Suridana Danny SpJP(K) dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, (26/7/2018).

Sebuah jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information (ncbi.nlm.nih.gov) pada 2016 menunjukkan, perokok laki-laki memiliki faktor risiko mencapai 64,9 persen terkena penyakit kardiovaskular.

Para ahli menyebutkan, hanya dibutuhkan sebatang rokok sehari untuk membuat risiko seorang pria terkena penyakit jantung koroner naik 50 persen.

2. Penyakit jantung bawaan

Serangan jantung dapat terpadi pada siapa saja, tetapi risikonya sangat tinggi ketika genetika berperan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X