Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lingga-Yoni: Kenapa Orang Memejamkan Mata saat Bercinta dan Ciuman?

Kompas.com - 22/07/2019, 21:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Bertatapan mata dengan pasangan mengandung sejuta makna dalam suatu hubungan. Ada yang mengartikannya sebagai ungkapan rasa sayang, cinta, hingga bentuk keseriusan satu sama lain.

Namun, Anda mungkin pernah reflek menutup mata saat berciuman atau berhubungan seks. Pernahkah Anda bertanya-tanya, kenapa orang cenderung menutup mata saat bercinta?

Orang sering menutup mata saat bercinta

Mata adalah organ tubuh yang sangat istimewa. Bukan cuma sekadar berfungsi untuk melihat, mata juga dianggap sebagai jendela menuju hati dan jiwa.

Tanpa disadari, dari organ ini perasaan kita lebih mudah tersampaikan. Contohnya, mata akan reflek mengeluarkan air mata ketika sedang merasakan kesedihan atau emosi yang memuncak. Dengan kata lain, mata telah membantu Anda menyalurkan perasaan dan emosi yang biasanya disembunyikan dalam hati.

Baca juga: Lingga-Yoni: 5 Cara Ilmiah agar Tahan Lebih Lama di Ranjang

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Psychological Science tahun 2014, saling bertatapan dengan pasangan adalah salah satu tanda cinta yang paling mudah diamati. Bahkan katanya, hal ini merupakan bentuk komunikasi yang paling romantis dalam sebuah hubungan.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan menutup mata saat bercinta? Apakah ini artinya pasangan tidak menikmati hubungan intim atau justru sebaliknya?

Setiap orang tentu punya alasan tersendiri ketika memilih menutup mata saat berhubungan seks. Dilansir dari Psychology Today, beberapa orang mengaku bahwa menutup mata saat bercinta bisa membantu mereka lebih fokus menikmati sentuhan dan suara yang muncul saat bercinta.

Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa menutup mata saat berhubungan seks juga bisa membuat seseorang merasa lebih bergairah. Itulah kenapa, Anda atau pasangan biasanya akan reflek menutup mata ketika ingin mencapai klimaks alias orgasme.

Sensasinya sama seperti menutup mata saat berciuman

Respons mata yang terpejam saat bercinta sebetulnya sama seperti ketika Anda menutup mata saat berciuman.

Ketika mata Anda terbuka, otak akan sibuk memproses berbagai informasi yang diterima oleh indera penglihatan. Akibatnya, otak akan sulit berkonsentrasi pada rangsangan yang diterima oleh bibir.

Begitu juga ketika Anda cenderung membuka mata saat berhubungan seksual.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, kondisi mata yang terbuka bisa membuat Anda kurang peka terhadap sentuhan.

Hal ini menyebabkan sensasi bercinta terasa kurang bergairah.

Sebaliknya, menutup mata bisa membantu Anda merasakan sensasi sentuhan dan rangsangan pasangan secara lebih intens dan fokus.

Baca juga: Studi: Lansia Masih Bercinta untuk Jaga Hubungan Tetap Romantis

Pada saat yang bersamaan, Anda juga bisa memunculkan fantasi seks yang bikin sesi bercinta jadi lebih bergairah. Alhasil, aktivitas di ranjang malam ini bisa jadi lebih panas, nikmat, dan tak terlupakan bagi Anda berdua.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com