Salin Artikel

Minyak Bulus, Bisakah Perbesar Payudara? Ini Penjelasan Ahli

KOMPAS.com - Bulus atau penyu air tawar, konsentrat minyaknya dibuat minyak bulus. Pemijatan dan olesan minyak bulus sering dijadikan cara untuk memperbesar payudara.

Namun, hal ini justru dibantah ahli medis, bahwa kedua tindakkan itu tidak ada pembuktiannya dalam memperbesar payudara.

"Sampai sekarang tidak ada evidence-based (bukti ilmiah) pijat dan oles minyak itu bikin besar payudara," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Dr dr Kanadi Sumapraja SpOG-KFER MSc, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Namun, diakui Kanadi, pemijatan pada payudara memang akan membuat payudara tampak lebih besar sesaat.

Hal itu dikarenakan, pada saat pemijatan di sekitar payudara tersebut akan menstimulus atau merangsang syaraf yang ada menjadi lebih kencang.

Dengan pemijatan tersebut, membuat organ payudara ini tampak seperti lebih besar daripada sebelumnya.


"Pemijatan itu, kan, memang merangsang syaraf di payudara jadi mengencang, makanya kelihatan lebih besar. Tapi itu cuma sesaat," ujar dia.

Adapun, mengenai minyak bulus yang disebut membantu dalam pembesaran payudara itu juga tidak ada kaitannya.

Minyak apapun jenisnya memang biasa digunakan orang untuk membantu mempermudah memijat anggota tubuh agar licin di permukaan kulit yang akan dipijat.

Jika seseorang melakukan pemijatan payudara dan pengolesan minyak bulus, kemudian menjadi besar secara permanen itu juga belum bisa dibuktikan secara medis dan kajian ilmiah.

"Pakai pil atau apa untuk memperbesar, itu sebenarnya juga pengaruh sugesti," kata dia.

Minyak bulus hanya menjadi untuk membuat permukaan licin, sehingga membantu saat pemijatan.

Sedangkan, dalam ilmu medis hingga saat ini, hormon perempuan yaitu estrogen sangat berperan penting dalam pertumbuhan payudara seorang perempuan dan bukan karena minyak bulus.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/17/200300623/minyak-bulus-bisakah-perbesar-payudara-ini-penjelasan-ahli

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.