Kompas.com - 03/02/2020, 17:04 WIB

KOMPAS.com – Para ahli konservasi tengah meneliti area di sekitar gunung berapi di Kepulauan Galapagos. Ekspedisi tersebut beranggotakan 45 orang, dan tengah berada di Wolf Volcano di Pulau Isabela.

Tak sengaja, mereka menemukan 30 kura-kura raksasa yang merupakan keturunan spesies yang telah punah.

Dilansir dari TIME, Senin (3/2/2020), sebanyak 30 kura-kura raksasa tersebut merupakan keturunan dari dua spesies berbeda.

Pihak Galapagos National Park dan Galapagos Conservancy mengatakan bahwa kura-kura raksasa betina memiliki keturunan langsung dari spesies Chelonoidis abingdonii, endemik Pulau Pinta.

Baca juga: Diego, Kura-kura Raksasa Galapagos yang Punya 800 Keturunan

Sebelumnya, diketahui keturunan terakhir dari spesies ini adalah Lonesome George yang terkenal. Kura-kura raksasa tersebut mati pada Juni 2012, dan dipercaya berusia lebih dari 100 tahun.

Sebanyak 11 jantan dan 18 betina lainnya dipercaya merupakan keturunan dari Cholonoidis niger, endemik Pulau Floreana.

Belum diketahui pasti mengapa keturunan kura-kura raksasa tersebut ditemukan di sekitar Wolf Volcano. Informasi yang didapatkan, bajak laut dan pemburu mengambil kura-kura raksasa dari pulau lain di Galapagos kemudian menaruhnya di dekat gunung berapi tersebut.

Baca juga: Hilang Selama 200 Tahun, Iguana Akhirnya Kembali ke Pulau Galapagos

Meski begitu, seluruh kura-kura raksasa yang ditemukan bukanlah keturunan satu spesies melainkan hybrid, alias gabungan dengan spesies lain.

Kepulauan Galapagos memang terkenal oleh biodiversitas flora dan faunanya. Di sini, Charles Darwin menemukan 15 jenis kura-kura raksasa.

Galapagos National Park dan Galapagos Conservancy menyebutkan, saat ini terdapat sekitar 20.000-25.000 ekor kura-kura raksasa yang hidup di kepulauan tersebut. Sekitar empat jenis kura-kura raksasa diketahui telah punah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.