Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keturunan Kura-kura Raksasa yang Telah Punah Ditemukan di Galapagos

KOMPAS.com – Para ahli konservasi tengah meneliti area di sekitar gunung berapi di Kepulauan Galapagos. Ekspedisi tersebut beranggotakan 45 orang, dan tengah berada di Wolf Volcano di Pulau Isabela.

Tak sengaja, mereka menemukan 30 kura-kura raksasa yang merupakan keturunan spesies yang telah punah.

Dilansir dari TIME, Senin (3/2/2020), sebanyak 30 kura-kura raksasa tersebut merupakan keturunan dari dua spesies berbeda.

Pihak Galapagos National Park dan Galapagos Conservancy mengatakan bahwa kura-kura raksasa betina memiliki keturunan langsung dari spesies Chelonoidis abingdonii, endemik Pulau Pinta.

Sebelumnya, diketahui keturunan terakhir dari spesies ini adalah Lonesome George yang terkenal. Kura-kura raksasa tersebut mati pada Juni 2012, dan dipercaya berusia lebih dari 100 tahun.

Sebanyak 11 jantan dan 18 betina lainnya dipercaya merupakan keturunan dari Cholonoidis niger, endemik Pulau Floreana.

Belum diketahui pasti mengapa keturunan kura-kura raksasa tersebut ditemukan di sekitar Wolf Volcano. Informasi yang didapatkan, bajak laut dan pemburu mengambil kura-kura raksasa dari pulau lain di Galapagos kemudian menaruhnya di dekat gunung berapi tersebut.

Meski begitu, seluruh kura-kura raksasa yang ditemukan bukanlah keturunan satu spesies melainkan hybrid, alias gabungan dengan spesies lain.

Kepulauan Galapagos memang terkenal oleh biodiversitas flora dan faunanya. Di sini, Charles Darwin menemukan 15 jenis kura-kura raksasa.

Galapagos National Park dan Galapagos Conservancy menyebutkan, saat ini terdapat sekitar 20.000-25.000 ekor kura-kura raksasa yang hidup di kepulauan tersebut. Sekitar empat jenis kura-kura raksasa diketahui telah punah.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/03/170400823/keturunan-kura-kura-raksasa-yang-telah-punah-ditemukan-di-galapagos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke