Kompas.com - 01/02/2020, 19:17 WIB


KOMPAS.com - Cuitan seorang pengguna Twitter dengan akun @faridgaban tiba-tiba ramai diperbincangkan di jagad maya tentang menghijaunya Bumi dalam 20 tahun terakhir, namun kontribusi besarnya bukan dari Indonesia.

"Citra Satelit NASA: Bumi menghijau dalam 20 tahun terakhir berkat penghijauan di China dan India. Indonesia justru kian kerontang," tulisnya seperti dikutip Sabtu (1/2/2020).

Cuitan yang diposting Farid Gaban di awal bulan Februari ini telah di-retweet lebih dari 500 kali. Bahkan, sejumlah warga Twitter turut berkomentar menanggapi isu lingkungan ini.

Data yang diunggah mengambil hasil laporan citra satelit yang dipublikasikan Badan Antariksa Amerika (NASA) dan dari Human Development Reports dari Program Pembangunan PBB (UNDP).

Baca juga: Gejala Alam di Atmosfer dan Pengaruhnya bagi Bumi

Dalam data tersebut, China dan India menunjukkan pertumbuhan penghijauan (forestasi) yang pesat, sehingga memberi kontribusi besar terhadap penghijauan di Bumi.

Sementara Indonesia, mengalami deforestasi atau penggundulan secara masif dengan kurang lebih 23,23 persen dari 1990-2015.

Berdasarkan data yang dilaporkan NASA, dua negara dengan populasi penduduk terbesar ini justru menjadi negara yang memimpin penghijauan di planet Bumi.

Melansir dari Nasa, sebuah studi baru menunjukkan kedua negara tersebut memimpin upaya penghijauan di bumi.

Dampaknya, terutama berasal dari program penanaman pohon yang begitu ambisius dilakukan di China dan pertanian intensif di kedua negara tersebut.

Fenomena penghijauan pertama kali terdeteksi menggunakan data satelit pada pertengahan 1990-an oleh Ranga Myneni bersama rekannya dari Boston University.

Halaman:
Sumber NASA


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.