Benarkah Biopsi Dapat Sebabkan Kanker Makin Menyebar? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 31/01/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi kanker Bet_NoireIlustrasi kanker


KOMPAS.com - Penanganan kanker harus dilakukan dengan benar. Salah satunya dengan biopsi, yakni penanganan awal pada pasien yang positif mengidap kanker.

Dokter akan menganjurkan seseorang yang mengalami gejala kanker untuk melakukan biopsi, yaitu pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium.

Biopsi merupakan proses berbentuk pembedahan sehingga dapat menentukan jenis tumor yang diderita seseorang.

Namun, beredar rumor di masyarakat bahwa jika melakukan biopsi, kanker akan menyebar. Apakah hal tersebut benar adanya?

Baca juga: Tingkatkan Imunitas Seluler Pasien Kanker Serviks, Ini Tahap Terapinya

Menurut Dr dr Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, seorang ahli Hematologi Onkologi Medik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, hal tersebut tidak tepat karena baik melakukan biopsi maupun tidak, kanker memang memiliki sifat yang dapat menyebar ke organ lain dalam tubuh.

Ikhwan juga mengungkapkan, setelah melakukan biopsi, jaringan akan dibawa ke laboratorium patologi anatomi dan akan diperiksa di bawah mikroskop.

Dokter akan mengetahui ciri-ciri tertentu pada kanker dan menentukan jenis kanker yang diderita seseorang berdasarkan penglihatan di mikroskop karena setiap kanker memiliki jenis tersendiri.

“Rumusnya, semua jenis kanker harus dibiopsi,” tegasnya saat ditemui pada acara "Bincang Kanker dengan Pakar dalam Rangka 20 Tahun Eugenia Communications", di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: AI Google Kalahkan Ahli Radiologi dalam Deteksi Kanker Payudara, Ini Artinya

Tentunya, tata laksana medis ini dipandu oleh standar prosedur tertentu yang berlaku secara internasional.

Ikhwan menjelaskan, Indonesia mengambil acuan dari Amerika Serikat (NCCN), Eropa (ESMO), atau panduan nasional penanggulangan kanker dari Kementerian Kesehatan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X