Tingkatkan Imunitas Seluler Pasien Kanker Serviks, Ini Tahap Terapinya

Kompas.com - 16/01/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi kanker serviks Ilustrasi kanker serviks


KOMPAS.com - Studi terbaru menunjukkan terapi antibodi monoklonal mAb h-R3, yang diberikan bersama terapi radiasi meningkatkan respons terapi bagi penderita kanker serviks stadium lokal lanjut.

Hal itu disampaikan peneliti magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Arie Munandar SpOnk.Rad.

Dalam promosi doktornya, dia mengatakan selama ini terapi utama pada kanker serviks stadium tersebut, hanya dengan pemberian sinar radiasi bersamaan dengan kemoradiasi atau kemoterapi.

"Hasil yang ditunjukkan dari terapi (radiasi dan kemoterapi bersamaan) tersebut sudah baik, tetapi kejadian kekambuhan penyakit masih sering terjadi," kata Arie, Kamis (16/1/2020).

Baca juga: Mahasiswa UI Temukan Potensi Anti Kanker Serviks pada Racun Ikan Lionfish

Selain itu, akibat kondisi fisik dan fungsi organ yang telah menurun, seringkali pasien tidak dapat menyelesaikan terapi secara lengkap.

Arie juga mengatakan terapi antibodi monoklonal, salah satunya adalah mAb h-R3 yang merupakan terapi target.

Terapi tersebut menunjukkan peran menjanjikan sebagai pilihan tata laksana kanker serviks.

Diduga salah satu mekanisme yang berperan dalam pemberian terapi monoklonal mAb h-R3 ini adalah kemampuannya untuk memengaruhi imunitas tubuh.

Hasilnya, menunjukkan dampak terhadap peningkatan angka keberhasilan terapi.

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta Soal Kanker Serviks yang Wajib Diketahui Perempuan

Hal inilah yang melatarbelakangi, Arie untuk menganalisis efek imunitas tubuh pada pemberian terapi radiasi bersama pemberian mAb h-r3 untuk pasien kanker serviks stadium lokal lanjut.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X