Belum Ada Obat, Kok 63 Orang yang Terinfeksi Virus Corona Bisa Sembuh?

Kompas.com - 29/01/2020, 17:31 WIB
Pengguna jalan mengenakan masker melintas di jalanan Hong Kong di tengah masa liburan Tahun Baru Imlek pada 27 Januari 2020. Saat ini, China tengah dihantam virus corona yang sudah membunuh lebih dari 100 orang. AFP/ANTHONY WALLACEPengguna jalan mengenakan masker melintas di jalanan Hong Kong di tengah masa liburan Tahun Baru Imlek pada 27 Januari 2020. Saat ini, China tengah dihantam virus corona yang sudah membunuh lebih dari 100 orang.

KOMPAS.com - Pada 31 Desember 2019, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan infeksi virus corona jenis baru yang akhirnya dinamai Novel coronavirus (2019-nCoV).

Belum genap sebulan sejak pernyataan resmi itu, tercatat ada lebih dari 4.500 orang terinfeksi di belasan negara.

Sementara itu, korban meninggal hingga Selasa siang (28/1/2020) ada 107 orang. Semuanya adalah korban yang tinggal di China.

Namun kabar baiknya, sebanyak 63 orang dinyatakan sembuh dari infeksi virus tersebut.

Sebagai catatan, hingga saat ini belum ada obat ataupun vaksin untuk menangani virus corona Wuhan ini.

Lantas yang jadi pertanyaan, bagaimana pasien yang terinfeksi virus corona bisa sembuh?

Baca juga: WHO Belum Pastikan Virus Corona Jadi Ancaman Kesehatan Dunia

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr. Anung Sugihantono mengatakan, kunci untuk sembuh dari infeksi virus adalah sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Semua jenis virus, termasuk virus corona 2019-nCoV, sangat mudah menginfeksi tubuh jika imunitas atau sistem kekebalan tubuh sedang menurun.

Karena itulah, sistem kekebalan tubuh juga yang berperan dalam melawan virus tersebut.

"Kita harus memahami mekanisme, sekaligus memahami apa sesungguhnya virus corona ini. Namanya juga virus, pada dasarnya infeksi virus itu adalah sesuatu yang bisa sembuh sendiri ketika daya tahan tubuh baik," kata Anung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X