Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live Facebook Kompas.com: Bincang-bincang Soal Ular dengan Pakarnya

Kompas.com - 29/01/2020, 09:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Tidak bisa dimungkiri bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan ular. Di tanah air kita ini, terdapat 349 jenis ular dengan 77 di antaranya adalah ular berbisa.

Sayangnya, hingga saat ini kita masih belum bisa hidup damai dengan ular. Hampir setiap minggu atau bahkan setiap hari, kita disuguhi kabar-kabar mengenai konflik antar manusia dan ular.

Pada bulan Desember tahun lalu, misalnya, banyak warga dikejutkan dengan munculnya ular kobra di pemukiman. Terbaru, seorang pawang ular di Kalimantan Barat tewas digigit king kobra saat sedang beratraksi. Akibat kejadian itu, ular tersebut dibunuh oleh keluarga korban.

Untuk lebih memahami tentang ular, Kompas.com akan berbincang-bincang dengan Dr. Amir Hamidy, M.Sc., pakar herpetologi bidang zoologi dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca juga: Banyak Ular Keluar saat Banjir, Pakar LIPI Jelaskan Penyebabnya

Doktor lulusan Graduate School of Human Environmental Studies, Kyoto University Japan ini juga merupakan Ketua dari Perhimpunan Herpetologi Indonesia (PHI).

Tayang secara live di Facebook Kompas.com pada hari Kamis (30/1/2020) pukul 11.30, Kompas.com dan Amir akan membahas banyak hal mengenai ular, mulai dari macam-macam ular di Indonesia, cara mencegah ular masuk ke dalam rumah hingga apa yang harus dilakukan bila bertemu dengan reptil ini.

Jika ada yang membuat Anda penasaran, Anda juga bisa bertanya langsung ke Amir dengan menuliskannya di kolom komentar video live Facebook Kompas.com.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyaksikan bincang-bincang live Kompas.com dengan Dr. Amir Hamidy, M.Sc. di akun Facebook Kompas.com pada hari Kamis (30/1/2020) pukul 11.30.

Klik di sini untuk berangkat ke akun Facebook Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com