Kompas.com - 27/01/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi Mumi. ShutterstockIlustrasi Mumi.


KOMPAS.com - Para peneliti di Inggris menciptakan kembali suara pendeta Mesir kuno, Nesyamun, setelah dimumikan 3.000 tahun lalu.

Nesyamun adalah seorang pendeta yang hidup di masa pemerintahan Firaun Rameses XI, yang memerintah sekitar abak ke 11 sebelum masehi (SM).

Melansir The Guardian, Senin (27/1/2020), mumi Nesyamun saat ini berada di Leeds City Museum, Inggris.

Lalu, bagaimana peneliti bisa mereproduksi suaranya?

Mumi ini telah menjadi subjek banyak penelitian. Kali ini, berkat teknologi tiga dimensi, peneliti di Inggris berhasil menciptakan kembali suara Nesyamun.

Baca juga: Jejak Mesir Kuno, Mumi Anak Singa hingga Kumbang Raksasa Dipamerkan

"Apa yang telah kami lakukan adalah menciptakan suara Nesyamun, saat dia berada di sarkofagusnya," ujar rekan penulis studi, Prof David Howard.

Kepala departemen teknik elektronik di Royal Holloway, University of London ini mengatakan suara itu bukan seperti dari pidatonya, karena mumi ini tidak benar-benar bicara.

Peneliti gunakan teknologi 3D

Hasil penelitian yang ditulis di jurnal Scientific Reports itu, tim peneliti menyebut mumi itu dibawa ke Leeds General Infirmary dan melakukan serangkaian CT scan.

Berdasarkan data tersebut, tim dapat menghasilkan rekonstruksi digital dari saluran vokal Nesyamun. Selanjutnya, direproduksi melalui 3D printed.

Kendati demikian, akibat mumifikasi dan penguburan, menyebabkan struktur lidah menjadi kusut dan langit-langit lidah yang lunak menghilang.

Baca juga: Ada Jutaan Mumi Burung Ibis di Makam Kuno Mesir, dari Mana Asalnya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X