Virus Corona Wuhan Diduga Telah Menginfeksi 100.000 Orang di Dunia

Kompas.com - 27/01/2020, 13:17 WIB
Seorang pekerja dari layanan pembersihan menyemprotkan desinfektan di dalam gerbong kereta sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China, di Stasiun Kereta Api Suseo di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/1/2020). Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China. AFP/HONG YOON-GISeorang pekerja dari layanan pembersihan menyemprotkan desinfektan di dalam gerbong kereta sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China, di Stasiun Kereta Api Suseo di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/1/2020). Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China.


KOMPAS.com - Akibat penyebaran virus corona jenis baru, sekitar 100.000 orang di seluruh dunia dapat terinfeksi.

Seperti melansir The Guardian, Senin (27/1/2020), para ahli telah memperingatkan tentang dampak penyebaran virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China.

"Ada 100.000 orang yang terkena virus itu, meskipun sejauh ini, hanya 2.000 kasus yang dikonfirmasi. Kebanyakan di kota Wuhan, China, tempat virus itu pertama kali ditemukan," ujar seorang ahli kesehatan masyarakat di Imperial College, Profesor Neil Ferguson.

Ferguson mengatakan saat ini, ada banyak turis China di seluruh Eropa. Kecuali, jika turis ini berhasil mengendalikannya.

Baca juga: Apakah Anda Suspek Virus Corona? Ini Indikasinya

"Saya ragu, apakah itu mungkin. Cepat atau lambat, kami akan mendapatkan kasus di sini," kata Ferguson.

Inggris lakukan tindakan pencegahan

Saat ini, di Inggris belum ada orang yang dites dan menunjukkan positif terpapar virus corona.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patel menegaskan pemerintah telah mengambil semua tindakan pencegahan.

Meski dikritik banyak pihak, karena dianggap lamban dalam menemukan dan memberikan informasi kepada ribuan orang di Inggris yang telah kemabli dari Wuhan dalam beberapa pekan terakhir.

Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial mengatakan ada 52 orang telah dinyatakan negatif virus setelah pengujian di Inggris.

Baca juga: [Update 26 Januari] Virus Corona Terdeteksi di 13 Negara, Indonesia Negatif

Selain itu, risiko penyebaran virus ini terhadap masyarakat di negara itu dinyatakan rendah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X