Pakar Temukan 4 Pola Penuaan Manusia, Setiap Orang Berbeda

Kompas.com - 20/01/2020, 17:00 WIB
ilustrasi orang tua yang kesepian. Thinkstockilustrasi orang tua yang kesepian.

KOMPAS.COM - Ketika seseorang telah berusia 60 tahun ke atas, proses penuaan yang dialami akan berbeda-beda.

Sebagian orang mungkin tetap memiliki hati yang kuat tetapi ginjalnya mulai gagal. Namun, sebagian yang lain mengalami hal sebaliknya.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah setiap orang memiliki pola penuaan yang berbeda?

Dilansir Live Science, Jumat (17/01/2020), sebuah tim peneliti telah melakukan studi dengan mengurutkan 43 orang tua ke dalam kategori penuaan atau sering disebut ageotypes.

Baca juga: Cegah Penuaan, Hindari 8 Faktor Risiko yang Bikin Kulit Tidak Sehat

Urutan disusun berdasarkan sampel biologis yang dikumpulkan selama dua tahun, seperti darah, zat peradangan, mikroba, bahan genetik, protein dan produk sampingan dari proses metabolisme.

Hasilnya, dengan melacak bagaimana sampel berubah dari waktu ke waktu, tim mengidentifikasi sekitar 600 tanda penuaan.

Selain itu, tim juga telah mengidentifikasi empat kategori penuaan, yaitu kekebalan, ginjal, hati, dan metabolisme.

Beberapa orang mengalami penuaan dari kategori pertama sedangkan beberapa lainnya mengalami penuaan dari kategori ke-empat.

Oleh karena itu, studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine ini menyimpulkan bahwa setiap individu akan mengalami penuaan yang berkembang dengan kecepatan yang berbeda di jaringan yang berbeda-beda juga, tergantung sistem biologis pada usianya.

Namun, menurut Michael Snyder, seorang profesor dan ketua genetika di Stanford University School of Medicine di California mengatakan bahwa pada saat ini, kemungkinan kategori tersebut akan bertambah.

Hal ini dibuktikan dari salah satu peserta dalam penelitian yang mengalami penuaan pertama pada kardiovaskular, otot pada jantungnya menumpuk keausan pada tingkat yang lebih besar daripada bagian lain dari tubuh mereka.

"Jika kita ([mensurvei) 1.000 orang, saya yakin kita akan menemukan cardio agers lain dan kategori itu akan didefinisikan lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Synder juga mengatakan jika semakin banyak penelitian, maka akan lebih banyak pola penuaan yang akan bermunculan.