Kamasutra Satwa: Tubuh Penuh Duri, Bagaimana Cara Landak Kawin?

Kompas.com - 17/01/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi landak GETTY IMAGESIlustrasi landak

KOMPAS.COM - Selain fisiknya yang menggemaskan, landak juga dikenal karena bulu runcing yang menutupi sebagian besar tubuhnya. Duri-duri tersebut berfungsi untuk memberikan perlindungan alami terhadap predator yang ingin memangsanya.

Jika hampir seluruh duri menutupi tubuhnya, lalu bagaimana cara landak kawin dan bereproduksi?

Landak dapat secara luas dibagi menjadi dua, yaitu Dunia Lama dan varietas Dunia Baru. Kedua jenis ini tentunya sangat berbeda satu sama lain, khususnya dalam hal ekologi dan struktur sosial.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Punya 2 Kelamin Sekaligus, Bagaimana Siput Kawin?

Salah satu landak Dunia Baru yang telah dipelajari, landak Amerika Utara (Erethizon dorsatum), hidup di pohon dan memakan daun, buah, dan kulit kayu.

Sedangkan, Landak Dunia Lama hidup di tanah (seperti di gua) dan memakan buah, akar dan umbi.

Selain itu, landak Dunia Baru pada umumnya adalah binatang soliter, sedangkan landak Dunia Lama hidup dalam kelompok keluarga.

Sistem Perkawinan Landak Dunia Baru dan Lama

Kedua jenis landak ini juga memiliki sistem perkawinan yang sangat berbeda. Landak Dunia Lama merupakan salah satu hewan yang monogami, atau hanya menikahi satu pasangan selama hidupnya.

Menurut pakar landak Uldis Roze, pasangan landak dewasa ini akan membentuk pasangan seumur hidup dan berkembang biak beberapa kali setiap tahunnya. Seekor betina landak lama akan mengandung bayi selama 90 hari atau tiga bulan.

Sebaliknya, landak betina Amerika Utara hanya subur sekali setahun selama delapan hingga 12 jam. Namun, masih minim pengetahuan tentang perilaku landak jenis ini.

"Faktanya, mereka (landak Dunia Baru) sangat tidak aktif secara seksual sehingga vagina biasanya ditutup dengan selaput," kata Roze, seperti dilansir dari LiveScience (02/08/2014).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X