Kamasutra Satwa: Kungkang Memang Malas, tapi Tidak untuk Kawin

Kompas.com - 19/12/2019, 08:03 WIB
Kungkang Kungkang

KOMPAS.COM - Kungkang (Folivora) merupakan hewan yang dikenal malas dan lambat dalam bergerak.

Hal ini disebabkan oleh tingkat metabolisme yang rendah sehingga membut mereka tidak melakukan banyak hal hampir sepanjang hari.

Namun, apakah mamalia pecinta pohon ini juga bermalas-malasan dalam urusan kawin?

Baca juga: Kamasutra Satwa: Punya 2 Kelamin Sekaligus, Bagaimana Siput Kawin?

Kungkang terbagi menjadi dua golongan, yaitu kukang berjari dua dan berjari tiga. Mereka semua hidup di seluruh hutan Amerika Tengah dan Selatan.

Walaupun nama dan penampilannya sama, dua golongan kungkang ini tidak saling berhubungan dan berasal dari keluarga taksonomi yang berbeda.

"Seekor kungkang memang bukan pemalas" kata Jonathan Pauli, seorang ahli ekologi satwa liar di Universitas Wisconsin-Madison, yang telah mempelajari kungkang.

"Kungkang berjari dua dan kungkang berjari tiga sangat berbeda satu sama lain" ujarnya seperti dilansir Live Science (17/05/2019).

Dalam segi reproduksi, kungkang jantan berjari tiga dapat melakukan poligini, atau mengawini banyak betina dengan bebas sehingga menjadi ayah dari sebagian besar keturunannya dalam satu populasi.

Berbeda dengan kungkang berjari tiga, kungkang jantan berjari dua tidak dapat melakukan poligini dan sangat lemah dalam pergaulan bebas.

Selain itu, kebiasaan pasangan kungkang berjari tiga juga berbeda dengan berjari dua.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X