Kamasutra Satwa: Gurita Jantan Tancapkan Penis pada Hidung Pasangannya

Kompas.com - 25/10/2019, 20:05 WIB
Gurita purba punya cangkang. Gurita modern tak punya itu karena akan membuatnya tidak gesit. ShutterstockGurita purba punya cangkang. Gurita modern tak punya itu karena akan membuatnya tidak gesit.

KOMPAS.comGurita (Octopus) disebut-sebut sebagai salah satu invertebrata paling pintar di Bumi. Gurita bisa menyamar dan membaur dengan lingkungan sekitarnya, berubah warna, serta menyemburkan tinta hitam untuk mengaburkan pandangan pemangsanya.

Gurita memiliki beberapa jenis dan ukuran tergantung habitatnya. Jennifer Mather selaku pakar invertebrata dari University of Lethbridge, Kanada, mengatakan ada sekitar 100 spesies gurita yang masuk dalam genus Octopus. Ditambah sekitar 150 spesies lainnya dalam genus lain.

Baca juga: Sempat Dikira Jantan, Gurita Ini Diam-diam Melahirkan 10.000 Anak

Hewan laut tersebut juga memiliki masa hidup yang cukup pendek. Rata-rata gurita hanya memiliki masa hidup selama beberapa tahun, kadang hanya enam bulan. Mereka menghabiskan masa muda seorang diri, mencari makanan dan bertumbuh besar hingga akhirnya matang secara seksual.

“Saat mereka matang secara seksual, metabolisme otot mereka juga digunakan untuk membuat sel telur atau sperma. Baru mulailah masa kawin,” tutur Jennifer seperti dikutip dari Live Science, Jumat (25/10/2019).

Mencari pasangan

Bagaimana gurita jantan dan betina menemukan satu sama lain di samudera yang luas? Hal itu masih menjadi misteri. Gurita jantan diketahui lebih aktif mencari betina. Oleh karena mereka merupakan hewan soliter, gurita tidak pemilih dalam menentukan pasangan.

“Betina biasanya tidak menolak (ajakan) jantan,” tutur Jennifer.

Baca juga: Tim Ilmuwan Internasional Sebut Gurita Mungkin adalah Alien

Salah satu spesies gurita jantan, Octopus Vulgaris, biasa menunjukkan besar dan banyaknya tentakel mereka jika bertemu gurita betina. Spesies ini juga biasanya melebarkan diri sehingga terlihat lebih besar, serta berubah warna menjadi lebih gelap atau pudar.

Sementara itu spesies betina O.Cynaea memiliki tubuh yang lebih besar dibanding gurita jantan. Gurita betina akan diam begitu gurita jantan mendekat, dan berubah warna menjadi lebih pudar.

Gurita Cincin Biru yang BeracunShutterstock Gurita Cincin Biru yang Beracun

Proses kawin yang berisiko

Ukuran gurita betina selalu lebih besar. Selain itu, gurita betina juga kanibal. Bayangkan jika Anda menjadi seekor betina jantan.

Untuk menjaga jarak agar tidak dimangsa, gurita jantan biasanya kawin dari jarak yang cukup jauh. Mereka biasanya mendekat dari belakang gurita betina.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X