Selain Melanda Tabuk, Ini 4 Fenomena Salju Aneh yang Tak Biasa

Kompas.com - 17/01/2020, 13:39 WIB
Salju turun di Tabuk, Arab Saudi, Januari 2020 Salju turun di Tabuk, Arab Saudi, Januari 2020

KOMPAS.com - Dalam sepekan terakhir, wilayah Tabuk, Arab Saudi tengah diselimuti salju.

Ini merupakan fenomena aneh yang tak biasa. Pasalnya, Tabuk merupakan salah satu wilayah yang normalnya gersang.

Menurut ahli meteorologi senior dari AccuWeather Eric Leister, fenomena aneh ini dipicu oleh badai dahsyat yang terlacak di Eropa Selatan dan Mediterania, bergerak ke Timur Tengah pekan lalu.

Selain itu, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan menilai, fenomena ini adalah dampak perubahan iklim yang nyata.

Baca juga: BMKG: Fenomena Salju di Tabuk, Arab Saudi, Bukti Nyata Perubahan Iklim

Dodo menjelaskan, penyebab turunnya salju pada lokasi yang bukan tempatnya menandakan suhu pada lapisan atmosfer lebih dingin dari biasanya.

"Sehingga awan-awan cenderung turun dalam keadaaan berbentuk salju, karena kondisi udara yang dingin," kata Dodo kepada Kompas.com, Kamis (16/1/2020).

Selain Tabuk, ada beberapa wilayah yang seharusnya tak merasakan salju tapi mengalami hal yang berkebalikan. Berikut daftarnya:

1. Sahara ditutup salju setebal 40 sentimeter

Kondisi Gurun Sahara di sekitar kota Ain Sefra, Aljazair yang sempat diselimuti salju pada Minggu (7/1/2018).GEOFF ROBINSON PHOTOGRAPHY/Mirror Kondisi Gurun Sahara di sekitar kota Ain Sefra, Aljazair yang sempat diselimuti salju pada Minggu (7/1/2018).

Kita tahu, gurun sahara adalah salah satu tempat terpanas di dunia. Bisa dikatakan, hampir tidak mungjin ada salju di Sahara.

Namun, fenomena aneh terjadi pada Minggu (7/1/2018). Kala itu, Sahara diselimuti salju setebal 40 sentimeter.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X