Selamatkan Badak Putih dari Kepunahan, Ini yang Dilakukan Ilmuwan

Kompas.com - 16/01/2020, 19:32 WIB
Inilah Sudan, badak putih utara jantan terakhir di dunia. Senin (19/3/2018), tim konservasi Kenya mengonfirmasi Sudan mati akibat komplikasi penyakit yang diderita. Daily Nation/NATION MEDIA GROUPInilah Sudan, badak putih utara jantan terakhir di dunia. Senin (19/3/2018), tim konservasi Kenya mengonfirmasi Sudan mati akibat komplikasi penyakit yang diderita.


KOMPAS.com - Badak putih utara merupakan salah satu satwa yang nyaris punah dan populasinya terus berkurang. Upaya selamatkan satwa kalem ini, para ilmuwan ciptakan embrio baru.

Melansir The Independent, Kamis (16/1/2020), embrio baru yang mencoba mereka ciptakan ini diharapkan dapat menyelamatkan badak putih atau Northern white rhino dari kepunahan.

Upaya yang dilakukan para ilmuwan terhadap satwa ini disampaikan oleh Menteri Margasatwa Kenya, Najib Balala.

"Sungguh menakjubkan bahwa kita dapat mengembalikan hilangnya spesies ini melalui ilmu pengetahuan," kata dia.

Baca juga: Berkat Bayi Tabung, Badak Putih Utara Berpeluang Lolos dari Kepunahan

Menurut Balala, para ilmuwan saat ini telah menciptakan embrio baru yang mereka harap akan memberikan kontribusi pada kembalinya populasi badak putih utara yang hampir punah.

Tiga embrio badak putih

Secara artifisial, hanya ada tiga sample embrio buatan yang layak. Ketiganya diciptakan secara vitro dengan menggabungkan sperma beku yang diambil dari badak jantan sebelum mereka mati.

Sedangkan sel telur dipanen dari salah satu dari dua badak putih utara yang masih tersisa di dunia. Spesies ini kini tinggal ada dua dan semuanya badak betina.

Badak putih utara jantan berusia 45 tahun, diketahui ada di Sudan dan telah mati pada 2018 lalu.

Baca juga: Sudan, Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Mati

Saat ini, para peneliti berencana untuk menanamkan tiga embrio yang telah diciptakan untuk menggantikan badak betina putih selatan, spesies badak yang populasinya lebih banyak.

Ketiga embrio tersebut dibuat dari sel telur milik Fatu, badak putih utara, yang merupakan keturunan dari badak putih jantan dari Sudan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X