Bayi Tabung, Upaya Peneliti Selamatkan 2 Badak Putih Utara Terakhir

Kompas.com - 30/09/2019, 07:05 WIB
Inilah Sudan, badak putih utara jantan terakhir di dunia. Senin (19/3/2018), tim konservasi Kenya mengonfirmasi Sudan mati akibat komplikasi penyakit yang diderita. Daily Nation/NATION MEDIA GROUPInilah Sudan, badak putih utara jantan terakhir di dunia. Senin (19/3/2018), tim konservasi Kenya mengonfirmasi Sudan mati akibat komplikasi penyakit yang diderita.

KOMPAS.com - Mempertahankan keturunan dari hewan yang dinyatakan hampir punah menjadi tanggungjawab berat masyarakat dunia. Salah satu hewan yang masuk dalam spesies hampir punah adalah badak putih utara, yang kini hanya terdiri dari dua ekor betina.

Dua badak putih utara itu tidak akan pernah kembali muda. Namun yang diharapkan ialah keturunan genetiknya akan memiliki kesempatan untuk bertahan hidup.

Mengutip Live Science, pada Rabu (11/9/2019) ada dua embrio yang saat ini dilakukan eksperimen di laboratorium dan diharapkan bisa tumbuh hingga dewasa.

Tim peneliti internasional telah bekerja selama bertahun-tahun menggunakan fertilisasi in-vitro untuk menyelamatkan badak putih utara (Ceratotherium simum cottoni).

Fertilisasi in-vitro biasanya disebut dengan bayi tabung, yaitu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh sang wanita.

Baca juga: Peringati Hari Badak Sedunia, Kenali 5 Fakta Satwa Terancam Punah Ini

Saat ini setelah para peneliti berhasil membuahi dua dari telur-telur itu, mereka akan menanamkan embrio yang dibuat di laboratorium tadi ke dalam rahim anggota subspesies yang berkaitan erat yaitu badak putih selatan.

Ahli biologi dari Institut Leibniz untuk Penelitian Kebun Binatang dan Satwa Liar di Jerman, Thomas Hildebrandt, mengatakan bahwa seluruh tim telah mengembangkan dan merencanakan prosedur ini selama bertahun-tahun.

"Hari ini, kami mencapai puncak penting di jalan berbatu yang memungkinkan kami merencanakan langkah masa depan dalam program penyelamatan badak putih utara," kata Thomas.

Dua badak putih utara terakhir

Kedua badak putih utara tersebut merupakan spesies terakhir, karena di alam liar kemungkinan sudah punah sejak tahun 2007 atau 2008.

Meskipun sejumlah kecil hewan akan bertahan hidup dan berkembangbiak di kebun binatang., tetapi, tidak sedikit hewan yang hidup menu atau memiliki masalah kesehatan hingga tidak bisa berkembangbiak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Mnn.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X