Kompas.com - 03/03/2019, 17:02 WIB


KOMPAS.com - Kematian Sudan, badak putih utara jantan di dunia menjadi berita pilu bagi dunia. Kematian Sudan menandakan bedak putih utara di dunia hanya tinggal dua ekor dan keduanya betina.

Namun, bukan berarti kehidupan badak putih di dunia tamat. Berkat kecanggihan teknologi di dunia medis, para ilmuwan telah berhasil menyelamatkan spesies badak putih utara asli Afrika dengan metode bayi tabung.

Para ilmuwan mengekstraksi telur-telur badak putih dari wilayah selatan Afrika di sejumlah kebun binatang Eropa untuk menyempurnakan prosedur fertilisasi in-vitro (IVF) atau yang lebih dikenal dengan nama bayi tabung.

Baca juga: Kehamilan Victoria Selamatkan Badak Putih Utara dari Kepunahan

Para ahli awalnya mengumpulkan telur badak putih utara, kemudian embrionya dibuat di tubuh bak putih selatan yang juga berperan sebagai induk pengganti. Ini adalah satu-satunya cara dan kesempatan untuk menyelamatkan mamalia besar itu dari kepunahan.

Badak Putih Selatan yang satu ini, tepatnya bernama Hope, mungkin bertanggung jawab untuk menyelamatkan sejumlah sepupunya, Badak Putih Utara dari ancaman kepunahan.

Hope dipelihara di kota Chorzow, Polandia, di mana sejumlah peneliti mengekstraksi sebagian telur miliknya, mencoba penyempurnaan teknik untuk membuahi dan memasukkan kembali telur-telur ke dalam rahim induk badak pengganti.

"Bisa dibilang prosedurnya sekarang ini ibarat melakukan suatu percobaan yang sulit dengan pergi ke Kenya dan menternakkan Badak Putih Utara yang ada di sana," kata Jan Stejskal dari Dvur Kralove Safari Park.

Ada sekitar 17 ribu Badak Putih Selatan, tapi hanya dua Badak Putih Utara, keduanya betina dan tidak dapat berkembang biak.

"Satu-satunya cara Badak Putih bisa bertahan hidup adalah mempelajari bagaimana kita bisa memasukkan embrio ini ke rahim induk pengganti. Kami akan melakukan metode yang sama dengan beberapa badak betina di sejumlah kebun binatang Eropa untuk mengoptimalkan teknik pengembang-biakan ini,” lanjutnya.

Semua percobaan ini merupakan tahap awal kalangan terbatas untuk menyempurnakan proses itu sebelum para peneliti mulai bereksperimen dengan dua betina Badak Putih Utara

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.